Rendang Buatanmu Gagal? Ini 4 Kesalahan umum yang Sering terjadi!

Posted on

Rendang buatan kamu gagal? kurang empuk? bumbu kurang meresap? tenang jangan berkecil hati apalagi jika kamu baru mulai belajar memasak rendang. pasti ada beberapa kesalahan umum yang terjadi bagi pemula. nah artikel berikut ini akan memberi tahu kamu penyebab dari mengapa rendang buatan kamu gagal.

Kesalahan yang Sering terjadi saat memasak Rendang dan Cara Menghindarinya

Daging kurang empuk

Daging rendang yang keras tentu merusak kenikmatan bumbu rendang daging sapi yang kaya rasa. Kesalahan ini bisa terjadi karena penggunaan potongan daging sapi yang salah. Daging yang paling pas diolah menjadi rendang adalah bagian paha sapi. Selain itu, daging paha sapi sebaiknya dipotong agak tebal agar tidak mudah hancur saat dimasak. Ini karena rendang dimasak dalam waktu lama agar daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik.

Baca Juga :

Rahasia Membuat Rendang Lezat dan bumbunya meresap
Cara mudah mengempukkan Daging agar tidak alot

Rendang kurang berminyak

Salah satu yang membedakan rendang dari kalio adalah rendang dimasak lebih lama, sampai bumbu mengering dan minyaknya keluar. Namun, bisa jadi rendang yang dimasak telah mengering tapi tidak berminyak. Padahal, minyak inilah yang membuat rendang terasa lebih nikmat dan awet disimpan.

Kurangnya minyak pada rendang yang bisa terjadi karena santan yang digunakan berasal dari kelapa yang kurang tua. Hal ini juga bisa disebabkan penggantian santan dengan bahan lain, seperti susu. Untuk mendapatkan bumbu rendang dengan minyak yang nikmat, gunakan santan kental dari kelapa tua.

Rendang terasa pahit

Kalau terasa pahit artinya rendang agak gosong. Agar hal ini tidak terjadi, masak rendang dengan api kecil dan rutin diaduk selama proses. Bila bumbu rendang daging sapi menjadi berkerak dan lengket di wajan, rendang bisa jadi gosong dan pahit.

Bumbu kurang banyak dan kurang sedap

Kunci kelezatan rendang terletak pada bumbunya. Bila rendang kurang banyak dan kurang sedap, bisa jadi karena takaran santan tidak tepat dan penggunaan rempah kurang segar. Idealnya, setiap 1 kg daging dimasak dengan santan dari 3-4 butir kelapa. Selain itu, gunakan rempah segar untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal.

Dengan daging yang empuk dan bumbu rendang daging sapi yang nikmat, rasa rendang buatan sendiri di rumah pasti tak kalah dengan restoran masakan Padang. Semoga bermanfaat ya

Leave a Reply