Bedanya ihun dan soun

Bihun dan Soun bedanya apa? Kenali Perbedaannya agar tidak keliru

Posted on

Bihun dan Soun apa bedanya? dua duanya sepertinya bentuknya sama sama mie kan? pasti kamu sudah familiar sama yang namanya bihun kalau makan bakso kan pakai mie putih lembut itu kan biasanya? itu namanya bihun ya bukannya soun tapi tidak semua pedagang bakso menggunakan bihun sebagai bahan mie putihnya, ada juga yang menggunakan soun loh! makanya kamu perlu tau apa perbedaan dari Bihun dan Soun agar tidak keliru!

mungkin kamu masih ingat beberapa waktu lalu ada postingan viral di tiktok dimana seorang wanita menyebut kalau soun adalah bihun palsu! mungkin dia belum tau apa bedanya bihun dan soun hingga berkesimpulan seperti itu. nah agar kamu tidak keliru membedakannya yuk kita bahas apa saja sih perbedaan mendasar antara soun dan bihun ini?

Perbedaan Bihun dan Soun

Bahan Baku

Walaupun bentuknya hampir sama, ternyata perbedaan paling mendasar dari bihun dan soun adalah bahan baku pembuatannya, Bihun itu terbuat dari tepung beras tapi sekarang banyak yang membuatnya menggunakan tepung jagung. sedangkan soun dibuat menggunakan bahan dasar kentang, pati kacang hijau bahkan singkong!

Rasa Tekstur dan Warnanya

Jika bahan baku pembuatannya saja sudah beda tentu tekstur, warna dan rasanya akan berbeda, agar lebih mudah membedakannya kamu bisa lihat gambar diatas. ya benar bihun warnanya cenderung lebih putih tapi agak kusam dan gampang putus saat belum dimasak, tapi jika sudah dimasak hasilnya akan sangat lembut dan tidak gampang putus.

Lain halnya dengan soun yang memiliki warna lebih transparan, saat dimasak soun ini gampang sekali putus, dari rasa bihun cenderung lebih gurih ketimbang si soun ini.

Waktu Memasak

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak kedua jenis mie putih ini jelas berbeda karena dibuat dari bahan yang berbeda itu tadi, bihun bisa matang hanya dalam waktu 3-5 menit saja sedangkan soun yang memiliki tekstur lebih tebal membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

Kandungan Gizi

Bihun dan Soun memiliki kandungan gizi yang berbeda satu sama lain, berikut perbedaannya ya

Bihun dan Soun dalam 180 Gram Mengandung

BihunSoun
Kalori 192 gram Kalori 291 gram
Karbohidrat 44 gram karbohidrat 121 gram
Serat 1,8 gram Natrium 14 miligram
Natrium 33 miligram

BACA JUGA :

Resep Mie Ayam Pilihan Favorit
Ide Kreasi Mie Instant Simple
Resep Mie Ayam rumahan Lezat

Keduanya juga memiliki kandungan vitamin B kompleks dan mineral yang baik loh. nah dari perbedaan kandungan gizi ini kamu bisa menyimpulkan kan? mana yang lebih sehat antara Bihun dengan soun?

Mana Lebih Sehat Antara Bihun dan Soun?

Dari data kandungan gizi diatas kita bisa simpulkan bahwa bihun lebih baik dikonsumsi karena lebih rendah karbo dan kalori sehingga baik untuk kamu yang sedang diet, bihun juga bisa jadi pengganti sumber karbohidrat pengganti nasi yang lumayan mengenyangkan. bihun juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi namun itu tergantung dari cara memasaknya.

Indeks glikemik soun yang rendah ini bisa membantu menjaga gula darah agar tidak naik setelah makan. Cara memasak bihun agar lebih sehat adalah dengan cara di rebus dan disajikan dalam bentuk mie kuah.

Cara Penyimpanan Bihun dan Soun agar Lebih Awet Tahan Lama

Ini adalah salah 1 hal yang paling membedakan antara bihun dan soun, bihun yang sudah dimasak hanya tahan sehari saja disimpan di dalam wadah terbuka namun jika disimpan di dalam kulkas maka bihun bisa awet hingga kurang lebih 4 hari, sedangkan soun harus disimpan dalam keadaan kering karena soun yang basah akan lebih lengket sehingga tidak awet untuk disimpan

Nah dari bihun dan soun ini kamu lebih suka yang mana? biasanya mayoritas orang lebih suka bihun karena bihun itu lebih mudah untuk menyerap bumbu sehingga terasa lebih lezat untuk disantap.

Leave a Reply