SHARE

Cabe atau cabai merupakan tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu bebagai masakan. Cabe memiliki rasa pedas yang disebabkan oleh kandungan capsaicin yang terdapat didalamnya. Walaupun terasa pedas, namun didalam cabe juga terdapat berbagai kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti: Vitamin A dan Vitamin C. Ada banyak jenis cabe yang biasanya dijual dipasaran dan digunakan sebagai bumbu, antara lain cabe keriting, cabe merah besar, cabe hijau, cabe rawit dan sebagainya. Biasanya cabe rawit memiliki tingkat rasa pedas yang lebih tinggi dibandingkan cabe keriting ataupun cabe merah besar.

Berikut ini beberapa tips mengolah cabe yang bisa anda terapkan ketika akan memasak cabe:

Loading...

Cara Menyimpan Cabe Agar Awet

Biasanya cabe adalah salah satu jenis bahan makanan yang disimpan untuk dijadikan stock bumbu dan akan dipakai ketika dibutuhkan. Dengan penyimpanan benar maka cabe akan lebih awet dan tahan lama.

Berikut ini beberapa tips dalam penyimpanan cabe:

  • Sebelum menyimpan cabe di dalam kulkas, maka pisahkan antara cabe yang bagus dengan cabe yang sudah tidak baik lagi kondisinya. Jika anda mencampurnya ketika menyimpan, maka cabe yang masih dalam kondisi bagus akan ikut menjadi busuk.
  • Simpanlah cabe kedalam wadah kertas, dan bukan dalam kantong plastik.
  • Sebaiknya simpan cabe maksimal 1 minggu didalam kulkas.
  • Jika anda akan menyimpan cabe dalam jumlah banyak, maka rebus cabe hingga matang. Lalu simpan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam freezer.
  • Anda juga dapat mengeringkan cabe dengan cara dijemur dibawah sinar matahari agar cabe menjadi lebih tahan lama ketika disimpan.

Membuat Cabe Tidak Terasa Pedas

Bagi anda yang tidak tahan dengan masakan pedas, maka anda dapat mengikuti beberapa tips berikut agar cabe yang digunakan tidak membuat masakan anda terlalu pedas:

Jangan memilih cabe keriting, namun pilihlah cabe merah besar karena cabe jenis ini tidak sepedas cabe keriting.

Sebelum mengolah cabe menjadi bumbu, cuci bersih dan buanglah bagian bijinya.

Anda juga dapat merebus cabe terlebih dahulu sebelum diolah agar rasa pedasnya berkurang.

Jika diolah menjadi sambal, maka tambahkanlah gula kedalamnya agar rasa pedasnya dapat berkurang.

Menghilangkan Rasa Pedas Setelah Mengkonsumsi Cabe

Biasanya rasa pedas yang di sebabkan oleh cabe susah sekali dihilangkan. Padahal anda telah minum air sangat banyak tapi rasa pedas itu tetap saja tidak hilang. Untuk menghilangkan rasa pedas ini maka anda dapat mengkonsumsi susu atau olahan susu lainnya seperti yogurt. Namun jika anda tidak suka susu atau yogurt maka anda mengkonsumsi teh hangat.

Cara Menghilangkan Bau Langu Pada Cabe

Ketika cabe di masak menjadi sambal, bau langu khas dari cabe akan tercium, untuk menghilangkan bau ini maka lakukan tips dibawah ini:

Agar bau langu pada cabe berkurang, maka tambahkan garam saat akan menggiling atau memblender cabe.

Jika anda menggunkan cabe hijau sebagi bahan sambal, maka sebaiknya tidak mencampurkan bawang putih sebagai salah satu bumbunya. Bawang putih juga memiliki aroma yang khas sehingga akan menambah bau langu pada sambal anda. Lalu tumis cabe hijau yang telah digiling kedalam minyak panas.

Bau langu juga dapat dihilangkan dengan cara merebus cabe sebelum diolah menjadi sambal.

Tips mengolah cabe agar tidak berbau langu selanjutnya adalah dengan memastikan jika tumisan cabe anda sudah benar-benar masak. Karena sambal yang masih mentah akan mengeluarkan bau langu yang tak sedap.

Sumber : anekahidanganlezat

Cobain Juga nih Resep Sambal yang lezat ini

 

View this post on Instagram

 

Sambal Juara . [email protected] . BAHAN: 10 buah Cabai Rawit Merah 3 Siung Bawang Merah 1 siung Bawang Putih ½ sdt Garam 2 sdm Minyak . CARA MEMBUAT: 1. Iris bawang merah untuk mempermudahkan proses pengulekan. 2. Haluskan cabai rawit, bawang merah dan bawang putih beri sedikit garam dengan menggunakan ulekan. Sisihkan 3. Panaskan minyak pada wajan kurang lebih sekitar 5 menit. Angkat 4. Tuang minyak panas ke dalam ulekan yang berisi bumbu halus. 5. Sajikan bersama lauk favoritmu. . .——————– #kuliner #kulinerbandung #kulinerjakarta #kulinerindonesia #makananenak #makansehat #kulinernusantara #masakanindonesia #masakanrumah #kulinerenak #resepmasakan #masakanrumahan #makananindonesia #masakan #makananringan #resepsedap #berbagiresep #makanankekinian #doyanmasak #makananmurah #belajarmasak #makananpedas #makananhalal #shareresep #fotomasak #videomasak #resepkue #masakannusantara #masakanku #resepmasak

A post shared by Aneka Kumpulan Resep (@anekakumpulanresep) on

Loading...