Mau Bikin Bakso Kenyal? Ini 5 Trik Membuat Bakso di Rumah agar Hasilnya Pas dan Lezat

Posted on

Cara Membuat Bakso di Rumah, Perhatikan 5 Hal Ini

Bakso menjadi makanan favorit banyak orang. Tak hanya lezat, hidangan berbahan dasar daging ini juga bisa dimasak menjadi berbagai jenis hidangan sesuai selera.

Loading...

Bakso mantap disajikan bersama kuah kaldu dan mi, dijadikan sebagai bahan campuran sayur, hingga digoreng dan disantap dengan saus sambal.

Bakso juga disukai anak-anak, karena teksturnya lebih empuk dan halus dibandingkan daging. Tak heran, banyak ibu-ibu yang kini tertarik membuat bakso di rumah alias bakso homemade. Membuat bakso di rumah juga lebih terjamin kebersihan, serta aman dari bahan pengawet ataupun bahan tambahan lainnya.

BACA JUGA : Cara membuat Bakso Ayam Modal 20ribu

Tertarik membuat bakso homemade? Supaya bakso terasa nikmat dan memiliki tekstur yang sempurna, perhatikan 5 hal ini, ya.

Perbandingan daging dan bahan lain harus pas

Jangan asal mencampur bahan tanpa takaran yang tepat kalau ingin tekstur bakso kenyal sempurna. Gunakan 1 kg daging sapi dan 250 gram tepung tapioka agar bakso memiliki tekstur yang pas.

Pilih daging tanpa lemak

Pemilihan daging juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat bakso berkualitas. Pilihlah daging sapi yang bebas lemak, seperti paha sapi bagian dalam, agar menghasilkan bakso bertekstur kenyal.

Kesegaran daging harus diperhatikan

Selain tekstur, pemilihan daging juga akan memengaruhi kualitas serta aroma bakso homemade. Jadi, pilihlah daging yang masih segar, ya. Sebisa mungkin, setelah membelinya, kamu pergi ke tempat penggilingan daging saat itu juga agar aromanya tetap sedap.

Gunakan garam kasar, jangan garam halus

Rahasia lain agar bakso memiliki tingkat kekenyalan yang pas ialah tergantung pada penggunaan garam. Garam kasar sesuai takaran bisa membuat bakso lebih kenyal dibandingkan garam halus. Ini karena garam kasar mengandung alkali yang baik dan bisa menjadi pengental alami pada bakso sapi.

Masukkan es batu ke dalam daging terlebih dahulu

Giling daging sapi bersama dengan es batu, atau tambahkan air es ke dalam daging giling. Es batu berfungsi untuk melarutkan dan membuat suhu adonan stabil. Saat adonan bakso digiling, protein akan hancur efek panas dari mesin giling.

Simak Resep Bakso Sapi disini ya!

Leave a Reply