Terungkap Juga! Ternyata ini dia “Bahan” Rahasia yang bisa membuat Mie Ayam buatanmu Selezat Masakan Restoran!

Posted on

Tiap penjual mie ayam punya resep andalan buat meracik ayam. Meskipun begitu ada beberapa bahan yang berperan untuk kelezatannya.

Daging ayam yang dipakai sebagai topping mie ayam, ada yang berupa ayam rebus yang dimasak dengan bumbu atau tanpa bumbu. Ada pula yang dimasak dengan bumbu kecap dan bawang sehingga kecokelatan sedikit manis.

Loading...

Sebenarnya bisa dilihat dari harganya, jika sedikit murah umumnya daging ayam dicampur dengan bagian kulit dan kerongkongan. Jika sedikit mahal lebih banyak memakai daging ayam yang dicincang tanpa lemak dan kulit.

Selain itu 4 bahan penting ini berperan dalam menentukan kegurihan mie ayam. Tidak terlalu berminyak, beraroma bawang yang sedap dan rasanya gurih sedikit manis.

1. Lemak Ayam

Lemak ayam umumnya dipotong-potong dan dilelehkan untuk menjadi minyak ayam. Lemak inilah yang kemudian dicampur dengan minyak sayur sebagai campuran yang diaduk dengan mie sebelum diberi topping.

Penjual mie ayam umumnya melelehkan lemak ayam dalam jumlah banyak untuk kemudian ditaruh dalam botol. Tujuannya agar lebih mudah dipakai dan diracik dengan bahan lainnya.

2. Kecap Asin

Setiap penjaul mie ayam punya merk kecap asin andalan. Seperti kecap asin cap Angsa. Kecap ini untuk memberi rasa asin atau gurih pada mie. Juga warna sedikit kecokelatan pada mie. Kecap asin ini akan dicampur dengan minyak ayam, diberi sedikit merica lalu diaduk rata.

Mie yang dicelup air mendidih dan dalam keadaan panas diaduk dengan campuran minyak ayam dan kecap. Selanjutnya akan diberi topping dan pelengkap lainnya.

3. Bawang

Bawang putih merupakan bumbu utama dalam pembuatan mie ayam. Untuk membumbui topping ayam atau kaldu ayam yang biasa disajikan bersama mie. Ada beberapa penjual mie ayam yang menaburi mie dengan bawang putih cincang goreng.

Selain memakai bawang merah goreng sebagai taburan. Rasa renyah bawang dan aroma wanginya membuat mie ayam makin enak.

4. Mie

Beberapa penjual mie ayam membuat mie segar sendiri. Ini biasa dilakukan untuk penjual yang memiliki berbagai jenis mie dan banyak cabang. Tetapi ada juga yang membeli langsung dari produsen yang khusus membuat mie untuk mie ayam.

Jika membuat sendiri tentu saja rasanya lebih enak, Karena umumnya kelenturan disesuaikan dengan selera pelanggan. Pemakaian bahan tambahan juga diminimalkan. Karena teksturnya lebih keras biasanya penjual mie tidak memakai mie kering tetapi mie basah atau mie segar

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *