SHARE
Loading...

Meski tidak selalu, kacang gorang bawang merupakan camilan favorit di hari Lebaran. Namun sering kali saya temui kacang gorengnya keras dan alot. Bisa jadi cara memasaknya mungkin kurang tepat.

Untuk mendapatkan kacang goreng yang renyah dan empuk, bunda bisa merendam kacangnya terlebih dahulu dalam air santan. Hasilnya, banyak yang bilang agak mirip kacang mete, namun dengan arona kacang bawang yang tetap dominan. Yang jelas lebih gurih, renyah dan empuuuk! Pokoknya enak banget deh rasanya! hehehe.Proses penting lainnya adalah dengan merendamnya di dalam air kapur sirih plus larutan garam dan bawang putih. Untuk selengkapnya silahkan simak resep berikut ini

Loading...

Bahan-bahan:

– 1 kg kacang tanah. Rendam dalam air mendidih supaya mekar.
– 1 bks santan kental
– Bawang putih. Iris tipis-tipis
– Kaldu ayam
– Daun jeruk nipis secukupnya
– 2 sdm Garam dan gula secukupnya.
– 1/4 sdt kapur sirih

Cara membuat:

Larutkan 1/4 sdt kapur sirih dengan air secukupnya. Rendam kacang selama sekitar 30 menit. Angkat dan tiriskan kacang. Kemudian rebus dalam air santan yang sudah dicampur bawang putih halus 3 siung, gula dan garam. Diamkan lagi selama 30 menit. Goreng kacang menggunakan api sedang bersama irisan daun jeruk dan bawang putih.

Bawang putih dan daun jeruk akan matang lebih dahulu. Angkat dan tiriskan keduanya. Setelah kacang goreng matang dan berwarna keemasan, segera angkat dan tiriskan, karena proses pematangan masih akan terus berlangsung ketika sudah di angkat, apabila bunda biarkan sampai warnanya coklat tua di dalam minyak yang panas, nanti ketika kacang sudah di angkat bisa terlihat gosong. Kacang goreng bawang sudah jadi. Campurkan bersama irisan bawang putih dan daun jeruk nipis, kemudian masukkan dalam toples kedap udara setelah benar-benar dingin.

Selamat mencoba yaaa… Semoga berhasil!

Sumber: youtube

Loading...