SHARE

Salah satu kendala yang sering dihadapi saat memasak ati ampela adalah aroma khas jeroan yang agak amis. Bagaimana ya cara yang ampuh untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela?

Ati ampela ayam memang cocok dipadukan dengan berbagai resep makanan Indonesia. Agar teksturnya empuk dan rasanya lezat, Anda tentu harus memperhatikan cara memasak ati ampela dengan benar. Salah satu kendala yang sering dihadapi saat memasak ati ampela adalah aroma khas jeroan yang agak amis. Bagaimana ya cara yang ampuh untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela?

Loading...

Rendam Ati Ampela dalam Air Perasan Jeruk Nipis

Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan. Rendamlah ati ampela yang sudah dicuci bersih ke dalam air perasan jeruk nipis. Diamkan ati ampela tersebut selama 15 hingga 30 menit lalu bilas kembali ati ampela dengan air bersih. Selain bisa menghilangkan aroma amis pada ati ampela, cara ini juga dapat membuat tekstur ati ampela jadi lebih empuk, lho.

Rendam Ati Ampela dalam Parutan Jahe

Selain air perasan jeruk nipis, jahe ternyata juga ampuh lho untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela. Aroma yang pedas dan kuat dari jahe mampu menetralisir aroma amis ati ampela yang akan Anda masak. Anda tinggal memarut jahe secukupnya sesuai dengan jumlah ati ampela yang akan diolah. Rendam ati ampela dalam parutan jahe selama 15 hingga 30 menit lalu bilas ati ampela dengan air bersih. Ati ampela jadi tak amis lagi, Anda pun mudah menentukan cara memasak yang tepat untuk bahan ati ampela.

Balurkan Parutan Bawang Putih pada Ati Ampela

Bila ingin yang lebih simpel dan tak perlu repot, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan aroma amis pada ati ampela. Bawang putih biasanya menjadi salah satu bumbu yang selalu tersedia di dapur Anda. Aroma bawang putih yang kuat tentu bisa menghilangkan aroma amis ati ampela yang menyengat. Parutlah bawang putih secukupnya lalu balurkan ke seluruh ati ampela yang akan Anda masak. Diamkan ati ampela selama 30 menit hingga aroma amisnya hilang.

Bila Anda lebih kreatif dan cekatan dalam mengolahnya, ati ampela dapat menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Padukan aneka resep makanan Indonesia dengan cara memasak yang tepat untuk menghasilkan hidangan yang digemari keluarga.

 

View this post on Instagram

 

Jumat, 12okt2018 Bismillaah 😊 Mas garwo ga doyan blas jeroan, sementara si istri kangen jeroan 😌 Yak mari masak ati ampela berbalut legit kecap, dipedesin.. beeegh.. 🤤🤤 . . Yang ga maem jeroan bisa diganti ayam dipotong kicik2, goreng sebentar. Ato daging iris tipis 👌 . . ATI AMPELA KECAP PEDAS #AJatiampelakecappedas 5 pasang ati ampela, rebus dgn jahe, buang airnya 5 sdm kecap manis 1 sereh 2 tomat ijo 5 rawit utuh Air secukupnya Bumbu halus : 6 siung bawang merah 4 siung bawang putih 4 butir kemiri 4 cabe keriting/cabe merah, potong 10 cabe rawit, optional 3 cm jahe Cara 1. Tumis bumbu halus hingga bumbu matang dan harum. Tambahkan kecap, sereh, air 2. Masukkan ati ampela, aduk  merata 3. Bumbui garam, gula, Lada, bubuk kaldu 4. Masak hingga kuahnya kental. Masukkan tomat ijo dan rawit merah. Koreksi rasa. Angkaaat.. dan ayo nyendok nasiiii😋😋 . .

A post shared by Food Photography (@anitajoyo) on

Loading...