SHARE

Siapa yang suka bikin risol di rumah? Buat teman bersantai apalagi musim hujan gini cocok banget nih ngemil risoles, apalagi kalau risoles buatan kamu ga “Banjir Minyak” Tenang saja Risoles tidak akan berminyak kalau mengikuti tips jitu ini.

Jika kita buat tanpa panir, memang agak pusing memikirkan cara agar risoles buatan kita tidak berminyak.

Loading...

Soalnya, minyak jadi mudah sekali menyerap ke dalam kulitnya Namun, kita tidak perlu khawatir karena tips sederhana ini bisa mengurangi kadar minyak di dalam risoles kita.

1. Gunakan jenis kulit risoles yang lentur.

Jika membuatnya sendiri, gunakan bahan dasar sagu dan telur utuh atau sagu dan putih telur. Kombinasi ini akan membuat kulit risoles jadi lebih lentur dan tidak mudah menyerap minyak.

2. Masak dahulu bahan isian hingga matang supaya proses menggoreng tidak jadi terlalu lama Jadinya, risoles yang kita buat tidak terlalu menyerap minyak.

Jika menggunakan api besar, kita cukup membutuhkan waktu sebentar saja hingga kulit jadi kecokelatan dan renyah.

3. Jika menggunakan isian yang mentah seperti adonan ikan atau daging, cukup gulung risoles berbentuk ramping saja.

Namun jika membuat risoles yang tebal, agar matangnya merata hingga ke dalam, gunakan api yang sedang saat menggoreng rosoles. Kali ini, gunakan api sedang agar risoles matang merata hingga ke bagian isi.

4. Saat menggoreng risoles, kita tidak perlu mengaduk-aduknya.

Gorenglah risoles di minyak yang banyak supaya seluruh bagian risoles terendam Apabila risoles kita aduk-aduk, bisa saja kulitnya robek Minyak pun masuk ke dalam isian.

5. Setelah risoles kita angkat dari minyak, berdirikan risoles agar semua minyak turun.
Jangan keringkan risoles dalam posisi mendatar karena minyak justru akan berkumpul di satu sisi.

Itulah tips dan trik yang bisa kita terapkan di dapur agar risoles tanpa panir tidak berminyak.

Walaupun berkesan sederhana dan tradisional, kita bisa memvariasikan isiannya juga, lho. Selain kita isi bihun, risoles tanpa panir juga bisa kita isi dengan adonan daging dan adonan ikan.

 

View this post on Instagram

 

Risoles Beef Mayo Cheese By @andrianda Jangan lupa tap LOVE dulu sebelum baca ya, biar kita makin semangat update resep nya setiap hari 💗 Tambah spesial karena menggunakan mozarella Resep Kulit Risoles/ Recipe for the crepes:  1. Susu Full Cream Merk Nestle/Ultra/Dutchlady 250 ml 2. Air (Tidak panas/tidak dingin) 400 ml 3. Tepung Terigu atau tepung gandum 250 gram 4. Telur Utuh 2 buah 5. Garam 1/2 sdt tipsnya:  1. Aduk dengan whisk, whisk ini mempercepat proses pengadukan hingga rata. jika tidak punya whisk boleh aduk dengan centong biasa tapi pastikan adonan itu rata, dan untuk mempercepat proses ratanya bisa pakai saringan juga untuk menyaring. 2. Jangan ragu untuk menambahkan air jika rasa adonan dough masih kental. kadang2 ukuran tiap orang beda. Sejauh ini takaran adonan ini yg paling oke untuk saya, tidak pecah ketika dilipat dan tidak terlalu tipis. 3. setiap mau tuang adonan ke pan selalu pastikan untuk diaduk dulu, jadi aduk-tuang, aduk- tuang selalu begitu, sampai adonan habis, kenapa? karena kadang tepung turun Sehingga jika tidak rajin mengaduk, sisa adonan terakhir akan tebal sendiri, adonan jd tidak merata. 4. Selalu olesi minyak sayur ya wajannya. 5. Pastikan wajan nya ga panas ya, wajan nya dalam keadaan hangat saja, karena klo panas adonan akan berlubang, geradakan, ga halus dan tebal tdk merata.  6. Nah isian risolesnya saya Pakai: 1. telur rebus potong 4 2. Mayonnaise  3. Ayam slice/Smoked chicken yang saya masak di wajan sebentar dgn sedikit minyak. Lalu dipotong potong. 4. Keju mozarella Untuk Pelapis: Telur kocok dan Breadcrumbs  Minyak untuk menggoreng Tag/mention juga teman kamu di komentar yg lagi nyari resep kue. Kunjungi profile @anekakumpulanresep dan jangan lupa Tap follow/ikuti biar ga ketinggalan update resep nya setiap hari #doyanbaking #bakingcookingpemula #doyanmasak #fotokue #resepbaking #reseproemahan #kuejadul #makanansurabaya #laperbanget #doyancooking #rotimanis #menusederhana #reseproemahku #resepmasakannusantara #resepsederhana #resepnusantara #reseplezat #resepmasakanfavorit #reseppraktis #resepmakanansederhana #yukbelajarmasak #resepayam #resepkeluarga #masakansederhana

A post shared by Aneka Kumpulan Resep (@anekakumpulanresep) on

Selamat mencoba untuk membuatnya di rumah ya.

Loading...