Rahasia Mengolah Ayam Goreng Tepung Biar Kriuk-nya Nggak Santai Kayak KFC

Posted on

Salah satu menu lauk yang jadi favorit hampir semua orang adalah ayam goreng. Lebih oke lagi kalau digorengnya pakai tepung. Kayak restoran cepat saji yang ramai banget itu tuh, orang-orang bisa lahap makannya dan nggak bosan untuk balik lagi dan lagi. Tapi nggak memungkiri sih, ayam goreng tepungnya tuh memang kriuk dan gurih sekali.

Sayangnya, saat coba-coba bikin sendiri di rumah, ayam goreng tepungnya nggak sesuai ekspektasi. Inginnya kulitnya keriting, kriuk maksimal, dan tetap renyah meski sudah lama didinginkan, tapi hasilnya selalu garing saat panas dan melempem saat dingin. Jangan patah semangat dulu, coba deh ikuti rahasia bikin ayam goreng tepung kriuk ala Hipwee berikut ini. Siapa tahu ada yang terlewat olehmu.

Loading...

Langkah pertama, siapkan ayamnya dulu, ya! Pilih ayam yang masih segar, cuci bersih, lalu potong dan sayat-sayat agar nantinya bumbu lebih meresap ke dalam dagingnya

Bumbui daging ayam dengan campuran bubuk bawang putih, lada, kaldu ayam bubuk dan garam. Aduk rata lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu meresap

Kamu pun boleh menyimpan ayam yang sudah dibumbui ke dalam freezer.

Selanjutnya, membuat adonan kering. Kuncinya adalah mencampur tepung terigu dan tepung maizena dengan perbandingan 80:20

Adonan ini mutlak diperlukan agar ayam goreng tepungmu renyah dan tahan lama. Nah, untuk takarannya sendiri, contoh di bawah ini bisa jadi panduanmu untuk membandingkan takaran bahan yang satu dengan lainnya.

  • 300 gram tepung terigu (pakai yang rendah protein untuk hasil lebih renyah)
  • 75 gram tepung maizena
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt baking powder
  • Garam, kaldu instan bubuk dan bawang putih bubuk secukupnya

Jadi, keliru kalau kamu pakai campuran tepung terigu dan tepung beras saja, meski awalnya renyah, hasilnya bakal melempem setelah ayam goreng tepung dingin.

Siapkan juga adonan basahnya dengan menambahkan air es pada sedikit adonan kering yang disisihkan. Usahakan jangan terlalu encer karena bikin keriting tepungnya jadi nggak cantik

NB: Jangan tambahkan telur pada adonan basah karena bikin ayam goreng tepungmu jadi lembek dan kurang renyah.

Masukkan satu persatu ayam yang telah dibumbui ke dalam adonan kering hingga rata, bahkan hingga bagian dalam sayatannya

Setelah digulung-gulung di adonan kering, celupkan ayam ke dalam adonan basah hingga terbalur merata

Kemudian masukkan lagi ayam ke dalam adonan kering satu persatu, remas-remas dengan ujung jari hingga keriting sempurna

Di tahap ini, kamu bisa baluri ayam dengan adonan kering hingga mendapatkan ketebalan tepung yang diinginkan.

Angkat ayam dari adonan kering, tepuk-tepuk dua potong ayam satu sama lain agar sisa tepung yang nggak menempel bisa lepas dan terbentuk keriting yang cantik

Sementara kamu membaluri ayam dengan adonan kering dan basah, panaskan minyak yang cukup banyak agar setelah dibaluri, ayam bisa langsung siap digoreng.

Segera masukkan ayam yang telah dikibas-kibaskan tadi ke dalam minyak yang benar-benar panas, agar tepung nggak melekat dan hancur keritingnya

Minyak harus banyak hingga ayam bisa terendam seluruhnya. Ini juga jadi teknik penggorengan yang adalah kuncinya ayam goreng tepung super renyah.

Gunakan api kecil, memang agak lama matangnya, tapi ayammu nanti bakal matang sempurna sampai ke dalam dagingnya

Jangan terlalu sering membolak-balikkan ayam agar keritingnya nggak hancur. Lalu goreng ayam hingga kuning kecokelatan

Ayam goreng tepung kriuk-pun siap disajikan!

Nah, jika sudah matang, kamu bisa sajikan ayam goreng tepung ini dengan saus sambal atau saus tomat. Agar lebih awet lagi kriuk-nya, simpan ayam ke dalam wadah kedap udara, ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply