SHARE

Siapa yang suka makan terong? Terong seringkali kita jumpai dalam menu makanan sehari-hari. Teksturnya yang empuk dan kenyal cocok untuk diolah menjadi berbagai masakan. Bahkan, sayuran berwarna ungu ini juga sering dijadikan sebagai pengganti daging karena memiliki kemiripan tekstur.

Sayangnya, rasa pahit dari terong akan muncul bila tidak diolah dengan cara yang tepat. Apalagi, sayuran ini hanya dapat bertahan selama 3 hari setelah dipanen. Karenanya, pemilihan terong harus dilakukan secara teliti untuk mendapatkan terong yang masih segar.

Loading...

Perlu diketahui, terong juga mengandung racun solanine yang dapat menyebabkan alergi jika dikonsumsi mentah. Lalu, bagaimana cara memilih dan mengolah terong yang baik? Berikut ulasannya:

1. Pilih terong yang segar

Terong yang segar memiliki ciri-ciri permukaan kulit mengkilat, tidak layu, dan keras. Selain itu, tekstur daging terong segar cukup keras dan tidak lembek. Pastikan bijinya tidak kering dengan mengetuk kulitnya menggunakan buku jari. Terong yang segar tidak berbunyi kosong saat diketuk.

2. Pilih terong dengan ukuran sedang

Pilihlah terong dengan ukuran sedang. Meski terlihat memiliki lebih banyak daging, namun terong yang terlalu besar justru mengandung lebih banyak biji dan dagingnya bertekstur lebih keras. Selain itu, terong jenis ini juga cenderung memiliki rasa pahit yang lebih kuat.

3. Lumuri dengan garam

Sebelum mengolahnya, lumuri terong dengan garam untuk menghilangkan rasa pahitnya. Biarkan beberapa saat hingga air dari terong keluar, lalu tiriskan dan bilas hingga bersih untuk menghilangkan garam yang masih menempel.

4. Masak terong terlebih dahulu

Jangan pernah mengkonsumsi terong secara mentah karena adanya kandungan racun solanine di dalamnya. Racun tersebut dapat menyebabkan keracunan dan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, terong harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan racunnya. Sayuran ini dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus, dibakar, maupun digoreng biasa.

5. Kukus terong terlebih dahulu

Jika ingin mengolah terong dengan cara menggorengnya, maka kamu bisa mengukus atau merebusnya terlebih dahulu. Hal itu akan membuat terong tidak terlalu banyak menyerap air, sehingga tidak berminyak saat digoreng

Loading...