SHARE

Menggoreng adalah salah satu aktivitas makanan yang menjadi favorit bagi setiap orang. Bagaimana tidak, kebanyakan makanan yang digoreng adalah makanan kesukaan orang-orang, mulai dari ayam goreng, kentang goreng, ikan goreng, dan masih banyak lagi.

Banyak orang mungkin berpikir kalau menggoreng makanan adalah kegiatan yang mudah di mana cukup dengan memasak makanan di dalam minyak saja. Eits… jangan salah, ternyata saat menggoreng masakan jika dilakukan dengan asal-asalan justru bisa membuat masakan lengket dengan wajan dan membuat makanan tidak lagi menarik.

Loading...

Salah satu masakan yang paling mudah lengket saat dimasak adalah ikan. Hal ini dikarenakan bumbu pada ikan dan kebersihan wajan itu sendiri yang menjadi pemicu mengapa ikan sering kali lengket saat digoreng.

Ikan yang lengket saat digoreng tentu saja selain bisa mempengaruhi cita rasa, begitu diangkat akan hancur dan menjadi tidak menarik lagi untuk disantap. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

Cara pertama:

Menuangkan minyak saat panci sudah dalam kondisi panas. Lalu saat minyak sudah mulai panas, masukkan sedikit gula putih dan ketika gula mulai berubah warna, baru masukkan ikan dan menggorengnya. Jika ingin menggoreng ikan kedua, tidak perlu menambahkan gula putih lagi. Dengan cara ini, ikan yang digoreng akan lebih memiliki cita rasa dan tidak menempel di wajan.

Cara kedua:

Masukkan sedikit minyak di dalam bagian tubuh ikan. Saat minyak ditambahkan ke wajan mulai panas, segera kecilkan api. Jangan gunakan minyak yang terlalu panas atau sebaliknya. Jaga panas kompor tetap stabil agar ikan matang secara merata, tidak lengket dan memiliki warna yang cantik.

Cara ketiga:

Oleskan sedikit jahe di wajan baru tuangkan minyak.

Cara keempat:

Bisa dengan menggunakan garam (bukan untuk mengasinkan ikan). Sebelum menggoreng ikan, taburkan garam pada wajan secara merata. Ketika garam ditaburkan, sebaiknya tunggu minyak mulai panas terlebih dahulu.

Cara kelima:

Menggunakan alas daun pisang saat menggoreng ikan yang berukuran besar. Gunakan daun pisang sebagai alas, dengan demikian ikan tidak akan lengket di wajan.

Cara keenam:

Bisa juga mengoleskan telur ke bagian tubuh ikan yang berguna sebagai pelindung agar ikan tidak mudah hancur dan lengket di wajan.

Saat menggoreng ikan, kamu juga harus memperhatikan 6 hal dasar ini ya!

1. Panci atau wajan kurang panas: ikan akan lengket dan warnanya pucat.

2. Memasak ikan ketika masih dingin: diamkan ikan yang baru dikeluarkan dari kulkas pada suhu ruangan minimal 15 menit.

3. Tidak mengeringkan ikan dengan baik: ikan yang masih basah akan mendapatkan efek dikukus ketika dimasak di wajan.

4. Minyak/wajan kurang panas: mencelupkan ikan sebelum minyak/wajan panas akan membuat kematangan ikan tidak merata dan menempel pada wajan.

5. Terlalu sering dibolak-balik: biasanya hal ini dilakukan untuk mengecek kematangan ikan, tapi sebenarnya hal ini malah akan membuat ikan menempel pada wajan dan membuat dagingnya hancur.

6. Terlalu lama memasaknya: umumnya diperlukan 3-5 menit untuk memasak tiap bagian ikan hingga matang.

Itu dia tips-tips agar saat menggoreng ikan tidak mudah hancur dan lengket di wajan. Semoga bermanfaat ya ^^

Sumber: Ihow

Loading...