SHARE

Nasi goreng memang sudah menjadi makanan khas indonesia, kamu pasti ingat kan ketika Presiden AS berkunjung ke Jakarta? Waktu itu dia menyempatkan diri untuk menikmati nasi goreng, mungkin kalau di AS, Eropa dan Asia Timur mereka tidak pernah menjumpai nasi goreng makanya ketika di Indonesia penasaran ingin merasakan nikmatnya nasi goreng.

Gunakan nasi bertekstur kering

Pastikan nasi yang Anda gunakan bertekstur kering (pera), namun tetap matang sempurna. Hindari menggunakan nasi yang baru saja matang karena hasil nasi goreng akan menjadi lembek.

Gunakan panci penggoreng yang lebar

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda saat mengaduk bumbu dan nasi secara bersamaan. Sehingga bumbu dapat tercampur secara merata, dan kenikmatan nasi goreng bisa dirasakan di setiap butiran nasinya

Gunakan api besar

Saat masuk dalam tahap penggorengan, gunakan lah api besar untuk menghasilkan suhu panas yang pas pada wajan. Cara ini berkhasiat agar nasi tidak menempel pada penggorengan. Suhu panas memunculkan aroma nikmat yang khas pada nasi goreng. Selain itu, jangan menekan-nekan nasi saat proses penggorengan berlangsung, karena hasilnya akan menggumpal.

Masaklah bumbu terlebih dahulu

Poin terpenting yang harus Anda perhatikan adalah masak bumbu terlebih dahulu hingga matang, baru tambahkan nasi dan bahan lainnya. Bumbu yang tidak matang, dapat membuat nasi goreng menjadi tidak nikmat. Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan sebagian orang adalah memasukkan nasi terlebih dahulu dibandingkan bumbunya.

Nah Ini Rahasianya

Pasti pada penasaran apa sih resep rahasia dalam nasi goreng enak.. Di bawah ini kami paparkan rahasianya. Rahasianya yaitu terdapat pada bumbu satu ini, yakni ” Baceman Bawang “. Begini langkah membuatnya.

Bahan: Bawang putih 100 gr, kemiri 1 biji. Kupas serta bersihkan bawang putih, tiriskan hingga kering. Bila butuh dibalut pakai tissue sekalian serta biarkan sepanjang hari sampai benar­-benar kering. Jangan sampai ada ait, satu tetes pun.

Haluskan kemiri, Tumbuk kasar bawang putih. Masukkan ke toples kaca. Tambahkan minyak goreng hingga tutup semua bawang putih Tutup rapat kedap udara. Biarlah hingga berfermentasi.Tunggu hingga minimum 24 jam serta siap untuk dipakai dapat untuk nasi goreng,

Dapat disimpan hingga sebulan, asal rapat (kedap udara). Semakin lama berfermentasi semakin enak, walaupun begitu sebaiknya buat baceman bawang yang tidak terlalu banyak kira-kira 1­2 minggu habis, agar baceman bawang senantiasa fresh.

Dalam satu minggu baiknya terus disimpan di suhu ruangan, selebihnya baru bisa masuk kulkas. Baiknya beri sendok khusus di dalamnya supaya tidak terkontaminasi tetesan air serta bahan yang lain bila gunakan sendok yang lain.

Loading...