Jangan Langsung Dibuang! Ternyata “Air Bekas Merebus Jagung” Bukan Cuma Nikmat, Tapi Khasiatnya Juga Luar Biasa!

Posted on

Jagung rebus adalah salah satu panganan yang menjadi favorit kebanyakan orang. Jagung yang memiliki rasa manis dan juga merupakan sumber kalori, sering kali dijadikan makanan pokok sebagai pengganti nasi, terutama bagi yang sedang menjalani program diet.

Namun, kebanyakan orang pastinya hanya akan memakan jagung rebus dan langsung membuang air bekas rebusan jagung begitu saja. Siapa sangka, ternyata air rebusan jagung ini juga kaya akan nutrisi dan baik untuk tubuh loh!

Loading...

Jagung adalah termasuk biji-bijian yang setiap bagiannya bisa dikonsumsi oleh kita. Tidak hanya butiran biji jagungnya saja yang manis dan lezat, tapi batang jagung juga merupakan salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi. Maka dari itu, tidak aneh jika air rebusan jagung memiliki efek kesehatan yang baik bagi tubuh kita.

Berikut ini manfaat dari air rebusan jagung:

  • Menyehatkan dan memperkuat fungsi limpa

Dari sudut pandang pengobatan tradisional Tiongkok, jagung memiliki rasa manis yang merata. Rasa manis dari jagung ini berguna untuk memperkuat limpa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah. Selain itu, minum air rebusan jagung pun sangat dianjurkan apalagi saat sedang memasuki musim panas. Daripada minum minuman dingin di pasaran, lebih baik minum air rebusan jagung yang lebih bersahabat untuk limpa.

  • Mengobati panas dalam

Panas dalam adalah penyakit yang sering dialami. Gejala panas dalam biasanya seperti sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut dan sakit tenggorokan. Setelah selesai merebus jagung, sisakan sedikit biji jagung lalu campurkan ke sisa air rebusan jagung. Jagung memiliki sifat alami untuk mendinginkan. Selain bisa mengatasi panas dalam, ramuan ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Menurunkan kolesterol

Air rebusan jagung memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Senyawa antioksidan pada jagung mampu memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Selain itu, ada pula flavonoif di dalamnya dapat mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga menghindarkan diri dari risiko terkena jantung koroner.

  • Menjaga kecantikan wajah

Air rebusan jagung mampu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, menyegarkan kulit, membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan kenyal. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit madu dan jadikan ramuan ini sebagai masker.

Selain bermanfaat untuk tubuh, air rebusan jagung juga berguna dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti untuk menyiram tanaman dan membersihkan kain pel yang memiliki bau apek.

Jadi, mulai sekarang jangan lagi langsung dibuang ya air rebusan jagungnya!

Sumber: Ihow

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *