SHARE

Singkong goreng merupakan salah satu makanan yang sering banget kita jumpai di Indonesia. Makanan yang sering digunakan sebagai cemilan ini memang punya cita rasa yang bikin waktu ngumpul jadi makin menyenangkan. Dengan bahan singkong dan beberapa bumbu lainnya, rasanya memang udah enak sekali.

Mungkin Bunda juga udah enggak asing sama makanan ini, soalnya di daerah manapun rasanya ada makanan singkong goreng ini. Singkong goreng sebenarnya makanan orang dari jaman dahulu, namun masih tetap populer sampai sekarang. Sekalipun banyak juga makanan baru yang lebih trend tapi rasa dari singkong goreng ini enggak terkalahkan loh. Bunda bisa coba bikin resep singkong goreng sendiri di rumah.

Singkong goreng ini emang paling pas kalau disuguhkan ketika sedang berkumpul dengan keluarga Bunda. Momen kumpul dengan keluarga jadi lebih terasa hangat sembari ngobrol dan makan camilan singkong goreng. Karena singkong goreng gampang banget ditemukan dan dibandrol dengan harga yang enggak mahal, mungkin banyak para Bunda yang memilih untuk membeli singkong goreng ini, padahal kalau coba bikin sendiri di rumah juga bisa rasanya lebih enak dan jauh lebih irit loh Bunda. Enggak hanya bis disajikan ketika kumpul dengan keluarga, tapi Bunda juga bisa kasih suguhan resep singkong goreng untuk acara arisan atau pengajian di rumah.

Dilihat dari bentuknya saja, bikin singkong goreng bahan yang dibutuhkan enggak susah kok Bunda, gampang dicari di sekitar kita. Langkah bikinnya juga enggak terlalu repot, jadi enggak makan banyak waktu. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep singkong goreng sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 1 buah singkong ukuran besar
  • 1 liter air es
  • 1 liter air
  • 1 sdm butter
  • Minyak goreng

Bumbu:

  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk\
  • Garam/penyedap rasa

Langkah Membuat:

Siapkan singkong.
Kupas singkong, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera.
Rebus singkong hingga setengah matang.
Di mangkuk besar, siapkan air es yang telah diberi bumbu-bumbu. Aduk-aduk, kemudian masukkan potongan singkong rebus ke dalam air es, biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga singkong merekah dan bumbu-bumbu meresap.
Tambahkan butter ke dalam minyak goreng, kemudian goreng singkong hingga matang kekuningan. Angkat dan tiriskan.
Yuu huuu .. akhirnya matang juga. Aroma gurihnya luar biasa.. Merekah sempurna 🙂
Texturnya empuk di dalam dan renyah di luar . Super gurih, super nikmat, super mantab
Hasil masakan bervariasi pada masing-masing individu.
Note: Resep ini saya buat menurut selera pribadi dan juga berdasarkan ketersediaan bahan baku yang ada. Untuk mendapatkan hasil masakan yang maximal, silakan disesuaikan dengan selera massing-masing.
Nah, itulah beberapa bahan sama langkah yang bisa dicoba buat bikin resep singkong goreng sendiri di rumah. Sederhana dan simpel kan Bunda? Untuk takaran porsi dan takaran rasa dari singkong goreng yang merekah ini bisa Bunda sesuaikan dengan selera sendiri ya Bunda. Bahan bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda. Terima kasih.

Tips Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik

Bila kebetulan sobat ke kebun singkong, pilihlah yang berdaun 7 atau 9. Bisa dipastikan, umbinya pulen bila direbus.
Jika ingin singkongnya lebih merekah, pilih singkong gunung ( singkong yang ditanam di gunung ).
Sebaiknya gunakan singkong yang masih baru, dengan usia tanam 6 – 8 bulan. Tandanya adalah kulitnya mudah dikuliti atau mudah dilepaskan dari singkongnya.
Jika dipotong masih basah dan sangat mudah retak atau dipatahkan.
Kupas atau cungkil kulit umbi singkong dengan kuku. Kulit yang kekuningan (mentega), atau kecoklatan atau kemerah-merahan umumnya lebih baik daripada yang berwarna putih.
Patahkan sedikit ujungnya. Bila ada bagian yang membiru, sebaiknya jangan dipilih. Noda biru atau hitam menandakan bahwa singkong telah lama disimpan. Singkong yang telah lama disimpan memang cenderung mengeluarkan noda biru atau hitam yang diakibatkan enzim poliphenolase yang bersifat racun.
Jika sobat memilih singkong pada suatu tumpukan dan anda menemukan singkong yang tidak baik, maka hindarkan memilih singkong pada tumpukan yang sama karena biasanya satu tumpukan singkong sifatnya sama. Satu bantat yang lain juga bantat.
Perhatikan tanah yang menempel di kulit ari umbi. Tanah yang masih liat, belum kering, menandakan singkong baru dicabut, dan paling ideal untuk diolah.
Cuci singkong supaya bersih. Apabila belum diolah, rendam singkong terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah.
Singkong adalah umbi akar yang teksturnya cukup keras. Perlu diolah (dipotong-potong, diiris, diparut, ditumbuk, atau dijadikan tepung dulu) sebelum disiapkan. Bahkan terkadang harus dikukus dulu sebelum menjadi adonan kue.
Bila hendak dihaluskan seperti untuk dibuat getuk, kukus hingga benar-benar empuk. Haluskan menggunakan kayu atau ditumbuk dalam wadah selagi panas.

Loading...