Inilah 5 Langkah Membersihkan Ikan Biar Nggak Amis Saat Dimasak. Nggak Sesulit Bayanganmu

Posted on

Bagi sebagian orang, membersihkan ikan bukan perkara mudah. Selain karena licin, kebanyakan orang juga merasa risih karena teksturnya. Padahal, kalau nggak dibersihkan dengan benar, ikan jadi rentan amis ketika dimasak. Apalagi kalau ikannya sudah kamu simpan beberapa hari di freezer.

Nah, supaya rasa ikan nggak berubah dan baunya nggak ganggu, ketahui langkah praktis membersihkan ikan yang Hipwee Tips ulas berikut. Jaga-jaga siapa tahu belum dibersihin sama penjualnya.

Loading...
  • Siapkan tiga wadah; tempat ikan sebelum dan sesudah dibersihkan serta buat sampah kotorannya

Biar bersih, sediakan ember yang diberi alas koran bekas. Guna koran bekas adalah untuk meminimalisir kotoran dan air yang tercecer di lantai. Siapkan juga tempat untuk membuang jeroan ikannya, bisa kantong plastik atau baskom.

  • Lalu, bersihkan dulu sisik ikan menggunakan pisau berukuran sedang

Tangan kiri memegang ujung ekor ikan, sementara tangan kanan pegang pisaunya. Taruh mata pisau ke arah bawah kepala kemudian lakukan gerakan searah hingga sisiknya lepas dari tubuh ikan. Lakukan tiga sampai empat kali hingga tubuh ikan mulai bersih. Kalau takut dengan pisau, kamu bisa mengerok sisik ikan dengan sendok.

  • Selanjutnya, keluarkan isi perut dengan pisau. Atau, kalau nggak suka kepalanya, kamu juga bisa memotongnya

Dengan memakai ujung pisau yang tajam, tarik insang ikan yang terletak di bawah kepala. Kemudian, kerat bagian perut secara vertikal agar bisa dibersihkan dengan maksimal. Ketika mengeluarkan isi ikan baiknya hati-hati agar empedunya nggak pecah dan bikin rasanya jadi pahit. Sebelum ke langkah selanjutnya, cuci ikan dengan air mengalir dulu.

  • Biar bumbu makin meresap saat dimasak, buatlah sayatan di badan ikan

Cara ini sangat dianjurkan kalau kamu mau masak ikan utuh satu bagian. Cukup buat keratan di bagian tubuh ikan, bisa dua atau tiga kerat, sesuaikan saja dengan besar kecilnya ikan. Atau, kamu bisa memotong ikan jadi dua bagian kalau ukurannya terlalu besar. Usahakan potongan tepat di tengah perut, ya!

  • Sebelum dimasak, jangan lupa cuci ikan dengan air mengalir dan beri perasan jeruk nipis

Daripada menaruh air di baskom, mending kamu cuci ikan dengan air mengalir. Sebab, air mengalir lebih bisa mengurangi kotoran yang sulit dijangkau tangan. Nah, biar baunya nggak amis, beri perasan jeruk nipis pada ikan yang sudah selesai dibersihkan. Sudah deh selesai.

Biar makin enak, usahakan kamu pakai ikan yang masih segar. Selain gizinya lebih banyak, ikan segar juga lebih mudah dibersihkan dan dimasak. Telitilah ketika membeli, jangan cuma tergoda harga murah, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *