Kreasi klepon unik

Ini nih Kreasi Klepon Unik dan Lezat, Sudah pernah Coba Cake Klepon?

Posted on

Klepon lagi banyak diperbincangkan orang beberapa hari belakangan ini akibat adanya isu seputar klepon tidak islami. kami tidak akan membahas seputar isu tersebut namun ingin share seputar sejarah, filosofi klepon hingga aneka resep klepon unik yang pas untuk kalian coba di rumah. yuk langsung simak aja ya postingan resep kue lezat kali ini.

Dilansir dari Kompas, klepon sudah muncul di Indonesia pada tahun 1950-an. Saat itu klepon disajikan di restoran-restoran Indonesia, Belanda, hingga Cina. Rasanya yang lezat membuat klepon tetap digemari hingga sekarang. Kita bisa membelinya di pasar-pasar tradisional maupun toko makanan dengan harga yang murah.

Loading...

ternyata klepon mempunyai filosofi yang mendalam. Bentuk bulatnya dianggap melambangkan kehidupan manusia yang nggak diketahui ujung pangkalnya. Bagian luarnya yang nggak rata karena taburan kelapa dianggap melambangkan kehidupan yang nggak selalu mulus dan bahagia. Tetapi kalau bisa melalui kehidupan, kita akan mendapat hasil yang baik. Hal tersebut dilambangkan oleh gula merah yang lumer saat klepon digigit. Unik juga ya filosofinya!

5 Resep Klepon Unik yang bisa kamu Coba di rumah

Cara Membuat Klepon Cake

Cake Klepon

Iren_natty
Pernah coba makan cake klepon? ini unik tapi enak loh! berikut resep cara membuatnya
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan – bahan :

  • 6 btr Telur
  • 200 gr Gula Pasir
  • 2 sdt SP
  • 300 gr Tepung terigu
  • 1/4 sdt Garam
  • 150 ml Santan Kental
  • 150 ml Minyak sayur
  • 1 sdt Pasta Pandan

Unti Kelapa :

  • 150 gr Gula jawa serut
  • 100 ml Air
  • 1 lbr Daun pandan
  • 1/4 sdt Garam
  • 1/2 btr Kelapa parut

Butter Cream :

  • 400 gr Gula halus
  • 200 gr Butter
  • 2 sdm SKM
  • 1 sdt Pasta pandan
  • Kelapa parut kering secukupnya sy kelapa parut biasa

Instructions
 

Cara Membuat :

  • Panaskan kukusan, alasi tutupnya dengan serbet. Olesi loyang dengan margarin. Sisihkan.
  • Kocok telur, gula pasir, SP hingga mengembang dan pucat. Tambahkan santan kental, minyak sayur, tepung terigu, garam dan pasta pandan, lalu mixer hingga tercampur rata.
  • Tuang ke dalam loyang lalu kukus selama 45 menit. Angkat. Dinginkan.
  • Unti kelapa : campur air, gula merah dan daun pandan masak hingga gula larut. Tambahkan kelapa parut masak hingga matang dan mengering. Angkat.
  • Butter cream : kocok gula halus dan butter hingga kaku lalu tambahkan pasta pandan dan SKM kocok lagi hingga tercampur rata.
  • Penyelesaian : potong cake menjadi 3 bagian, ambil 1 bagian olesi tipis permukaannya dengan butter cream lalu beri unti kelapa tutup dengan cake lagi lakukan hingga 3 lapis. Olesi bagian luar cake dengan butter cream dan beri permukaannya dengan kelapa parut kering. Hias bagian atas cake. .
  • SELAMAT MENCOBA
Keyword Klepon
Advertisement
Loading…
Resep klepon donat

Donat Klepon

Gimana jadinya jika donat topping klepon? ini enak banget loh! penasaran cara membuatnya?
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan-bahan

  • 250 g tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 butir kuning telur+ susu UHT total= 145 g
  • Secukupnya pasta pandan
  • 40 g margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 50 g gula pasir
  • Bahan pelengkap
  • Secukupnya kelapa parut
  • sisir Gula merah

Instructions
 

Langkah

  • Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan garam kedalam satu wadah, sisihkan. Campur (timbang) susu cair dan kuning telur, aduk rata, tambahkan pasta pandan.
  • Tuang cairan susu ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diulen hingga rata, tambahkan margarin
  • Uleni kembali hingga benar benar kalis (saya ulen manual kira2 45 menit 😶).. Diamkan selama kurang lebih 1 jam dengan ditutup lap basah.
  • Kempiskan adonan dan ulen sebentar, bagi bagi adonan (saya jadikan 9 buah). Bulatkan.
  • Diamkan kurang lebih 20-25 menit, lalu buat lubang pakai pangkal spuit.. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil saja
  • Goreng hingga matang (sekali balik supaya tidak menyerap minyak). Angkat dan tiriskan.
  • Taburi dengan kelapa parut serta irisan gula merah. Yummy.
Keyword Klepon
Advertisement
Loading…
Kreasi roll cake klepon

Klepon Roll Cake

Bolu gulung rasa klepon? wah ini pasti enak banget nih. berikut resep cara membuatnya
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan :

  • 7 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 75 gr gula pasir
  • 65 gr terigu pro sedang
  • 100 gr butter cair
  • 2 sdm endapan pandan

Bahan Filling :

  • 1/4 butir kelapa
  • 40 gr gula merah
  • 5 sdm gula pasir
  • 50 ml air
  • butter cream secukupnya 👉 Masak semua bahan jadi satu kecuali butter cream, biarkan sampai agak sat. (seperti masak unti umumnya)

Topping :

  • kelapa parut sangrai sampai agak kering, jangan berubah warna
  • butter cream

Instructions
 

Cara membuat

  • mixer telur dan gula sampai ngembang soft peak.
  • Masukkan terigu, aduk rata.
  • Tambahkan butter dan endapan pandan.
  • Tuang dalam loyang yang sudah oles dan alas kertas.
  • Oven dgn suhu 180°C, api atas bawah kurleb 20 menit atau sampai matang.
  • Tunggu suhu ruang beri butter cream, oles rata dipermukaan cake yang mau difilling, tambahkan unti kelapa. Gulung dan padatkan.
  • Beri butter cream dan tabur kelapa parut sangrai sebagai topping. Beri hiasan klepon sesuai selera.
Keyword Klepon
Advertisement
Loading…
Klepon Cake

Klepon Cake

Faraleyama
Buat yang mau coba olahan klepon unik dan kekinian bisa coba nih resep kl;epon cake berikut
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan-bahan

  • 4 butir telur
  • 130 gr gula pasir
  • 1 sdt sp
  • 100 gr tepung terigu segitiga
  • 25 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 80 gr margarin cairkan
  • 30 gr coklat putih cairkan
  • 5 gr perasa pandan

Bahan enten ;

  • 1/2 buah kelapa parut
  • 50 gr gula pasir
  • 150 gr gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air

Bahan frosting

  • 100 gr whippy bubuk
  • 200 ml susu dingin
  • 100 gr coklat putih cair
  • 2 tetes perasa pandan

Bahan topping

  • kelapa kering
  • klepon utk hiasan

Instructions
 

Langkah

  • Mixer gula telur sp sampai pucat, turunkan ke speed 1, masukkan terigu susu baking powder yg sudah di ayak, lalu masukkan margarin dan coklat aduk hingga rata, masukkan perasa pandan aduk homogen
  • Tuang di loyang diameter 18cm kukus selama 30 menit, tutup kukusan dibungkus serbet, dinginkan cake lalu potong cake menjadi 2 atau 3 cake
  • Oles cake dengan sedikit fosting timpa enten gula merah timpa cake lagi lakukan sampai habis
  • Oles rata frosting ke cake tabur dengan kelapa kering
  • Bahan enten dimasak hingga mentusut, bahan frosting di mixer selama 3menit speed tinggi
Keyword Klepon
Advertisement
Loading…

Klepon Labu Kuning

Jenny Novembria
Ga kayak klepon yang biasanya berwarna hijau kali ini kita mau share kreasi resep membuat klepon labu kuning
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan :

  • 450 grm labu kuning yg sdh kukus dihaluskan (berat bersih labu setelah dikukus&dikupas kulit)
  • 250 grm tepung ketan putih
  • 1/2 sdt garam
  • gula merah secukupnya buat isian disisir
  • Air jika diperlukan sy ga pakai air lg,krn labu kuning yg sy pake byk mengandung air
  • kelapa parut utk taburan kukus dgn sedikit garam & daun pandan

Instructions
 

Cara Membuat :

  • Campur tepung ketan & garam,aduk hingga rata,lalu uleni dgn labu kukus,tambahkan air jika memang diperlukan,(sy ga pakai air lg krn labu kuning yg sy pake banyak mengandung air)uleni adonan sampek bisa dipulung/dibentuk.
  • Ambil adonan,pipihkan,lalu isi dgn gula merah,bulatkan seperti kelereng.
  • Didihkan air dlm panci,rebus bola2 klepon hingga mengapung,angkat,tiriskan,gulingkan di kelapa parut,hidangkan.
Keyword Klepon

Leave a Reply