Ini nih 5 Penyebab utama Kegagalan yang Sering Terjadi Saat Bikin Kue Kering

Posted on

Sudah tau belum apa saja penyebab kegagalan saat bikin kue kering? pasti kamu pernah kan bikin kue kering tapi ga sukses hasilnya? misalnya kue gosong, lembek tengahnya atau keras?

Ini nih 5 penyebab utama kegagalan kue kering yang banyak dialami orang, dipahamin yuk agar tidak terulang lagi gagal membuat kue kering!

Loading...

Membuat kue kering sebenarnya tidaklah sulit. Akan tetapi jika Anda salah satu yang pemula, bisa jadi terjadi kegagalan saat membuat kue kering. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat hasil dari kue kering kurang maksimal. Berikut ini beberapa penyebabnya!

  1. Tekstur keras

Tekstur kue yang kering bisa jadi disebabkan karena komposisi takaran bahan yang salah. Terlalu banyak tepung terigu atau bahan kering dan kurang lemak atau mentega.

Selain itu, bisa juga karenaproses pemanggangan yang terlalu lama dengan suhu rendah. Kue tak bisa mengembang dan menjadi keras. Penyebab lain yang sering terjadi adalah mengaduk adonan terlalu keras dan lama. Adonan kue kering cukup diaduk perlahan dan ringan sehingga lemak terurai dalam adonan secara merata.

Advertisement
  1. Lembek di tengah

Kue kering sudah kering akan tetapi bagian dalamnya masih mentah? Ini jadi salah satu hambatan dalam membuat kue kering. Jika hal seperti ini terjadi, perhatikan kembali temperatur oven Anda. Oven terlalu panas bisa menyebabkan bagian luar kue cepat mengering walaupun bagian dalamnya belum matang sempurna.

Agar hasilnya sempurna, panaskan oven lebih dulu hingga mencapai suhu yang diinginkan baru masukkan loyang berisi adonan kue.

  1. Gosong di bagian pinggir

Pastikan cek temperatur oven. Jika suhu terlalu panas, kue kering bisa cepat gosong terutama di bagian pinggirnya. Gunakan suhu yang tepat dan sesuai dengan resep agar hasilnya sesuai. Anda juga bisa memilih loyan berbahan alumunium dibandingkan dengan loyang berwarna gelap yang hantaran panasnya lebih tinggi.

Selain menyetel timer pada oven, Anda juga sesekali perlu mengawasi kondisi kue kering agar tak mudah gosong.

Advertisement
  1. Tekstur kue terlalu hancur

Ketika kue kering sudah matang, kue mudah hancur. Ini bisa saja disebabkan penggunaan lemak (mentega atau margarin) yang terlalu banyak dalam komposisi adonan. Jika sudah terlanjur memasukkan banyak margarin, Anda bisa menambahkan putih telur ke adonan supaya teksturnya lebih solid alias tak mudah hancur.

  1. Warna kue pucat

Warna kue kering yang pucat tentu bisa membuat orang tak selera melihatnya. Warna kue kering yang terlalu pucat ini bisa disebabkan karena pemakaian gula yang kurang. Karena gula yang dicampurkan ke dalam adonan kue kering akan mengalami proses karamelisasi sehingga membuat kue kering menjadi lebih cantik.

Leave a Reply