Ini dia Trik Rahasia Membuat Kacang hijau sendiri di rumah yang Empuk dan Lezat. Belum banyak yang tau trik ini lo!

Posted on

Dulu, kita bisa menemukan warkop atau warung kopi dimana-mana dengan sangat mudah .Disana kita bisa membeli bubur kacang hijau hangat yang terasa empuk dan lembut di lidah.

Tapi sekarang, warkop sudah sulit ditemukan. Jadi, kalau mau merasakan kenikmatan bubur kacang hijau, kita harus bisa membuatnya sendiri di rumah.

Loading...

Masalahnya, membuat bubur kacang hijau bukan perkara yang mudah. Bahannya sih memang mudah, tapi prosesnya yang agak rumit.

Kalau belum tahu, kacang hijau akan sulit empuk sehingga terasa kurang nikmat. Ya, bagian paling sulit dari membuat bubur kacang hijau adalah proses menjadikannya empuk dan pecah.

Tenang, kami punya cara mudahnya yang bisa anda ikuti di rumah.

Rendam Dulu Sebelum Direbus

Kacang hijau dijual di pasaran dalam keadaan kering. Akibatnya, tentu jadi butuh waktu lama ketika direbus. Nah, supaya tidak menghabiskan banyak gas, ada trik mudah supaya kacang hijau lebih cepat empuk.

Caranya, rendam kacang hijau dalam air selama semalaman. Jadi kalau besok mau membuat bubur kacang hijau, rendam dalam air dari malam ini.

Paginya, kacang hijau akan jadi lebih lembut. Merebusnya sampai empuk pun jadi lebih singkat dan kita bisa hemat gas.

Jangan Tambahkan Gula Sembarangan

Kacang hijau yang empuk bisa dihasilkan kalau kacang hijaunya pecah atau merekah. Kalau tidak pecah, sudah pasti kacang hijau akan keras.

Nah, sebagain orang kebingungan kenapa kacang hijaunya tidak mau pecah padahal sudah dimasak dalam waktu super lama. Ternyata, memang ada kesalahan yang tanpa sadar kita lakukan.

Selalu ingat, kacang hijau tidak akan merekah kalau sudah ditambahkan gula dari awal proses memasak. Gula apapun jenisnya baik gula pasir maupun gula merah akan menghambat kacang hijau untuk pecah.

Jadi, rebus kacang hijau dalam air biasa sampai semuanya pecah dan empuk. Setelah itu, gula baru boleh ditambahkan. Jangan sampai salah prosesnya ya.

Cara Menyimpan Kacang Hijau

Tambahan lagi, bubur kacang hijau tentu jadi kurang nikmat kalau berbau tengik. Nah, bau tengik ini bisa jadi karena kacang hijau yang kita beli sudah disimpan lama oleh penjualnya.

Belum lagi kalau kita tidak langsung mengolahnya dan masih menyimpannya lagi di rumah. Untuk menghindari hal itu, selalu pastikan menyangrai kembali kacang hijau setelah sampai di rumah.

Dinginkan setelah disangrai dan simpan dalam toples kedap udara. Dengan begini, kacang hijau akan jadi tahan lama.

Dua tips di atas mungkin terlihat sederhana. Tapi, keduanya adalah kunci utama proses pembuatan bubur kacang hijau yang cepat empuk dan lembut di lidah.

Jadi, kalau sekarang sudah tahu, kita pasti siap membuat bubur kacang hijau untuk keluarga di rumah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *