SHARE

Banyaknya tahu berbahaya dipasaran, menginspirasi untuk nyoba buat sendiri.. Alhamdulillah langsung sukses, ternyata lebih mudah dari yang dibayangkan..

Harus serba kerja keras dan kreatif untuk bisa memanjakan lidah ,mari ibu-ibu cantik kita belajar buat tahu putih home made gampang bgt dan dijamain hygennis 😍

Bahan-bahan:

500 gram kedelai
1500 ml air
4 buah jeruk nipis

Langkah-langkah:

Cuci bersih kedelai,buang jika ada kedelai yang jelek (biasanya yang jelek mengapung jika direndam air). Rendam semalaman.

Setelah mengembang 2x lipat, cuci lagi di air yang mengalir kemudian tiriskan.

Masukkan kedelai dalam blender kemudian tambahkan air. Proses hingga halus.

Peras sari kedelai dalam panci dengan kain bersih. Peras hingga benar benar ampas kering. Lakukan hingga sari kedelai terperas seluruhnya. Hidupkan kompor dengan api kecil, rebus sari kedelai sambil diaduk aduk. Matikan kompor jika sudah muncul gelembung gelembung kecil, biarkan hingga hangat.

Setelah sari kedelai hangat, masukkan perasan jeruk nipis. Aduk aduk dan biarkan sekitar 10 menit. Maka akan terbentuk gumpalan tahu seperti ini.

Tuang seluruh gumpalan tahu ke dalam kain bersih. Lebih bagus jika ada kain tahu (saya pakai lap bersih dengan pori pori lap kecil dan rapat).

(Dalam penyaringan ini saya memakai saringan santan yang bolong bolong bagian bawahnya, kemudian dibawah saringan siapkan baskom untuk menampung air tahu)

Agar tahu lebih padat, letakkan suatu benda berat diatasnya, letakkan dengan hati hati (Saya pakai cobek batu). Biarkan sekitar 6 jam hingga benar benar padat.

Setelah 6 jam, cek kepadatan tahu dan pastikan air tahu sudah benar benar hilang. Masukkan ke dalam kulkas dengan keadaan masih tertindih cobek dan biarkan semalaman. Kemudian keluarkan tahu dan potong potong, rendam dalam air dan simpan dalam kulkas agar tahu tetap awet.

Loading...