SHARE
Loading...

Tinggal di Indonesia, siapa yang enggak tahu tentang makanan tempe. Makanan ini dibut dari biji kedelai yang difementasi, tapi banyak juga orang yang pakai jenis kapang roti. Biar biji kedelai ini bisa dijadikan tempe dan difermentasi, butuh ragi untuk bisa sukses jadi tempe.

Makanan ini udah jadi makanan yang gampang banget ditemui di Indonesia. Bahkan Bunda mungkin udah sering juga bikin bahan ini jadi masakan yang diolah buat sajian menu makanan keluarga. Selain rasanya yang enak dan murah, ternyata tempe juga punya kandungan baik untuk kesehatan tubuh loh Bunda. Untuk dapat hasil yang lebih banyak dan lebih irit, Bunda bis bikin resep tempe sendiri di loh di rumah.

Loading...

Bikin tempe sendiri memang terasa lebih irit Bunda dan enggak perlu membelinya ketika Bunda lagi butuh. Nah, kalau udah berhasil bikin tempe sendiri di rumah. Bunda bisa jual di tetangga atau secara online. Pasti laku, dan lumayan untuk peluang bisnis Bunda. Enggak sedikit kok orang yang sukses karena jualan tempe, jadi mungkin Bunda bisa coba untuk bikin tempe sendiri di rumah biar menambah penghasilan. Untuk awal bikin enggak perlu terlalu banyak, cukup sedikit dulu Bunda. Kalau udah berhasil berkali-kali baru bikin resep tempe dengan jumlah yang lebih besar.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin tempe sebenarnya enggak susah, gampang banget dan bahan yang dibutuhkan cuma sedikit. Mungkin waktu membuat yang butuh waktu agak lama biar bisa jadi tempe. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep tempe sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

1 kg kedelai kualitas bagus
1 kg ragi

Langkah Membuat:

pilih kedelai yang kualitasnya bagus, supaya hasil tempenya nanti juga bagus
cuci bersih kedelai, rendam selama kurang lebih 1-2jam
rebus kedelai sampai mendidih, matikan api, tutup panci dan biarkan selama 12 jam
kupas kulit kedelai dg cara meremas sampai kulit arinya lepas, lalu cuci dengan air sampai Bersih
rebus lagi kedelai selama 20menit/ sampai empuk, lalu tiriskan
Taruh kedelai di tempat yang lebar, lalu di angin-anginkan supaya kedelai cepat dingin dan kering. Setelah kering campurkan 1sdt ragi tempe ke 1kg kedelai dan aduk sampai rata
Bungkus dengan plastik, tutup dg lilin, lalu tusuk2 plastik dg tusuk gigi sebanyak 20 tusukan di setiap permukaan. Taruh di tempat datar dan ada sirkulasi udaranya, lalu simpan di tempat yang hangat dan tertutup selama 1-2 hari, (bisa di dalam lemari dapur).
Setelah 2 hari tempe bisa dipanen. Foto ini masih 1 hari, jadi jamur putihnya belum begitu banyak
Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep tempe sendiri di rumah Bunda. Sederhana kan bahannya? Untuk langkahnya enggak bikin capek tapi emang butuh waktu yang lebih banyak daripada mencoba beberapa resep lainnya. Untuk bahan takaran bisa Bunda sesuaikan nanti sesuai dengan kebutuhan Bunda sendiri di rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda. Terima kasih.

Tentang Tempe
Tempe? Siapa sih yang tidak tahu tempe, apalagi masyarakat indonesia, dari semenjak masa penjajahan hingga sekarang tempe masih eksis di berbagai penjuru indonesia, bahkan tempe sudah tersebar diseluruh penjuru dunia. Selain itu tempe juga bisa loh dengan membuat tempe sendiri.

Untuk memperoleh tempe yang berkualitas baik, maka kedelai yang digunakan juga harus yang berkualitas baik dan tidak tercampur dengan biji-bijian yang lain, seperti jagung, kacang hijau dan biji-bijian lainnya.

Selain itu, prosedur pengolahan harus dilakukan dengan cermat. Proses pembuatan tempe pada dasarnya adalah proses menumbuhkan spora jamur tempe, yaitu Rhizopus sp., pada biji kedelai.

Oleh karena itu, agar diperoleh tempe yang berkualitas baik dan tahan agak lama, maka selama proses pembuatan tempe perlu diperhatikan mengenai sanitasi dan kemurnian bibit (inokulum) yang akan digunakan.

Sumber : http://www.modern.id/2018/06/cara-membuat-tempe-bikin-sendiri-lebih.html

Loading...