SHARE

Kamu pernah gak ngelihat es batu yang warnanya putih pekat dan es batu yang bening? Kamu tau kenapa warna es batunya berbeda padahal sama-sama kita minum? Yup salah satu ciri dari es batu yang diolah dai air mentah terlihat dari tampilan fisiknya lho. Apa saja ciri dari es batu mentah dan es batu matang?

Ciri Es batu dari air mentah

Loading...

1. Dari tampilannya, es ini berbentuk balok besar yang kemudian dipotong-potong. Balok-balok besar ini terbuat dari air yang tidak dimasak karena tujuannya bukan untuk dikonsumsi, tapi untuk mendinginkan ikan. Masa iya hanya mendinginkan ikan pakai air matang?

2. Es batunya berwarna putih karena di dalam air mentah ada gas-gas yang ikut membeku.

3. Punya aroma kuat dan tidak segar. Ya karena kita tidak tau dari mana airnya diambil dan yang pasti tidak dimasak dahulu.

4. Biasanya esnya kotor ada pasir dan kotoran hitam-hitam, apalagi kalau sudah mencair, pasti pasir-pasirnya ada dibagian bawah gelas.

5. Rasanya memang tidak terlalu bisa dibedakan, tetapi es batu dari air mentah sudah pasti ada rasa tidak enaknya jika dibandingkan kita minum dengan air matang biasa.

Nah kalau sudah tau ciri es batu air mentah, sekarang kita bahas es batu dari air matang yang aman dikonsumsi.

Ciri es batu dari air matang

  • 1. Tampilan es batu matang tidak berbentuk balok-balok besar. Biasanya es batu ini sudah terpotong-potong, dikemas dalam kantong plastiknya.
  • 2. Warnanya bening bukan putih.
  • 3. Tidak ada aroma aneh yang tercium dari esnya.
  • 4. Bening bersih dan tidak ada kotoran atau debu di esnya.
  • 5. Bila dimakan atau diminum tidak terasa aneh dan segar seperti minum air biasa.

Sekarang sudah tau kan bedanya. Di mana kamu membeli minumannya, kamu harus selalu perhatikan es seperti apa yang kamu minum. Karena kalau kamu minum air mentah atau air kotor, itu akan membahayakan kesehetan kamu.

Sumber: Beautynesia

Loading...