SHARE

Asam urat adalah penyakit yang dapat menyerang setiap orang tanpa mengenal batasan usia, meski pada umumnya banyak diderita oleh mereka yang telah berusia lanjut. Penyakit yang berasal dari pengumpulan zat purin di sendi ini dapat menyebabkan otot jadi tegang, ngilu, pegal, hingga berujung gangguan ginjal.

Gak boleh kamu anggap sepele, asupan makanan dalam tubuhmu harus benar-benar terjaga jika kamu memiliki riwayat asam urat. Nah, 10 makanan berikut ini harus kamu hindari dari sekarang untuk mengurangi gejala penyakit asam urat.

1. Olahan bebek

Kayaknya gak ada yang bisa menolak kenikmatan daging bebek, baik berupa bebek goreng mau pun bebek panggang. Namun, penderita asam urat harus bersabar gak mengonsumsi daging bebek secara berlebihan.

2. Jamur

Kelezatan jamur dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan dan tentu saja dikenal sehat. Nikmat dan lezat, justru membuat jamur jadi “musuh” penderita asam urat. Setiap 100 gram jamur mengandung 20-80 gram purin yang bisa menimbulkan gejala asam urat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai sumber protein nabati terbaik dan memiliki kandungan kalsium, vitamin B, C, E dan K. Meski sehat, kacang-kacangan dapat memicu terjadinya penumpukan purin yang berdampak negatif.

4. Bayam

Bayam, jenis sayuran yang gak asing lagi. Mengandung zat besi, beta karoten, dan vitamin C yang melimpah membuat sayuran hijau satu ini sangat sehat. Meski demkian, bayam jadi patangan banget buat penderita asam urat karena kandungan putinnya.

5. Olahan daging

Selain daging bebek, daging sapi juga masuk dalam daftar makanan berikutnya yang harus dihandari karena kandungan purin yang tinggi. Padahal, daging sapi jadi salah satu sumber vitamin dan mineral buat tubuh.

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran berikutnya yang mengandung purin yang sebaiknya dihindari pengidap asam urat. Kandungan vitamin dan zat besi yang melimpah dalam brokoli sangat sehat.

7. Nanas

Buah harusnya jadi menu wajib yang selalu ada dalam daftar makananmu sehari-hari. Baik untuk kulit dan pencernaan, tapi ternyata nanas dapat memicu penumpukan zat purin.

8. Air kelapa

Lemak yang tinggi pada kelapa gak bersahabat untuk penderita asam urat. Walau faktanya air kelapa dapat menetralisir racun dalam tubuh.

9. Es krim

Sebagai makanan yang berbahan dasar susu, es krim tentu baik bagi tubuh. Tapi hal itu gak berlaku bagi penderita asam urat yang sangat gak cocok dengan dessert dingin ini.

10. Kepiting

Hampir semua makanan laut jadi pantangan penderita asam urat, termasuk kepiting. Makanan dengan sumber omega tinggi ini dapat memicu munculnya gejala asam urat akibat kandungan kolesterolnya.

Demi kesehatan, gak ada salahnya kamu mulai menjalani pola makan yang sehat dan memilah yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuhmu.

Sumber: IDN Times

Loading...