SHARE

Siapa sih yang nggak ingin menghemat pengeluaran rumah tangga? Salah satunya pasti kamu. Pos belanja yang bisa kamu hemat adalah biaya membeli sabun cuci piring.

Hal sepele ya? Bisa jadi. Tetapi kamu mesti ingat kalau mencuci piring, gelas, peralatan makan, serta peralatan masak dilakukan setiap hari.

Loading...

Tentunya kamu membutuhkan sabun cuci piring dalam jumlah banyak. Kalau kamu tidak berhemat, bisa jadi anggaran membeli sabuh cuci piring akan membengkak.

Ada kok cara untuk menghemat penggunaan sabun cuci piring. Mau tahu bagaimana caranya, makanya simak dulu nih postingan yang viral beberapa hari terahir dari pengguna facebook dengan akun Susy Wintary

Begini postingannya di facebook

Tips berhemat sabun cuci piring

Dapat ilmu dari salah satu group masak, memperbanyak sabun cuci piring atau mengoplos lah yaa istilah nya..

Selama ini mengoplos sabun cuci piring kan biasanya hanya pakai air di tambah dengan kulit jeruk nipis dan sabun cuci piring pun jadi encer…

Akhir akhir ini sabun cuci piring jadi boros kenapa karena Ghifari dan Ghazi udah bisa cuci piring sendiri dan kalau sabunnya ga banyak ga oke …jadilah sabun cuci piring lebih boros …tapi biarin aja …proses belajar bantu bantu ibunya…

Biasanya saya akali sabun nya mix dengan air saja tapi si sabun jadi cair dan efek bersih kurang

Untuk memperbanyak sabun sbb

Campurkan

  • 5 liter air
  • 1 bungkus sunlight 800 ml
  • 1 bungkus garam yang harga 2.000 an ( saya pakai garam krosok)

Kalau mau bikin lebih sedikit tinggal dikurangi …

Eeeeh pas coba bener airnya tetap kental dan keset ….

Coba hitung berapa penghematannya …seharusnya utk 5 liter sabun x 18.000 = 90.000 – 18.000 – 2.000= 70.000 lumayan…

Yang lucu dari baca postingan di group itu adalah komen komennya …kalau pakai garam bikin panci jadi karatan ga Bun…..yaaaa nggaklah secara kita masak pakai garam..

Ada lagi salah satu bapak bapak pernah menjadi formulator sabun cuci piring, di khawatir kan dengan mengubah komposisi nanti hasilnya bakterinya pada ga mati, setau saya garam kan memang berfungsi sebagai pembunuh bakteri dan kuman ..jadi amanlah…

Selamat mencoba yaaaaa

——————————————————————–

Saya kasih catatan tambahan masukan dari pak Adji Prasetya salah satu yang komen di bawah ini tapi belum saya coba yaaa

Bagus lagi garamnya NaCL ato garam australia, krna fungsinya utk pengental, 1kg Nacl 9rb beli di toko kimia, krna bahan dasar sabun cair adlh texaphone, texaphone ketemu garam/nacl = kental..mgkin klo mau lbh kental airnya 4.2lt saja, sunlight 800ml jd pas 5lt…..

Apa bsa diaplikasikan di sabun cuci pakaian cair? Bahan sabun cuci jg texaphone…

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi,

Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Loading...