Cara Membuat Cendol Labu Kuning

Posted on

Mak Frida ini sering banget bikin makanan dengan bahan dasar labu kuning. Dah suka soalnya mak, hehe. Kali ini nyoba dibikin cendol. Percobaan pertama sebelumnya pake tepung beras, kurang sukses hasilnya terlalu lembut. Nah ini percobaan kedua, mak Frida pake hunkwe..

Alhamdulillaah berhasil, dan kenyalnya pas. Ga ancur, tapi juga ga keras.. Yeaaaaaayyyy.. Cucooookk buat dessert atau buka puasa .. Sementara simpen kulkas dulu, biar dingin, mak .. ..

Loading...

Ini dia Resep Cara membuat Cendol Labu Kuning by @fridajoincoffee

Cendol Labu Kuning

Percobaan pertama sebelumnya pake tepung beras, kurang sukses hasilnya terlalu lembut. Nah ini percobaan kedua
Prep Time0 mins
Cook Time0 mins
0 mins
Course: Dessert
Cuisine: Cendol
Keyword: Labu kuning
Author: fridajoincoffee

Ingredients

Bahan:

  • 200 gram labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
  • 100 gram tepung hunkwe
  • 25 gram tepung beras
  • ½ sdt garam
  • 400 ml air
  • Pewarna kuning tua opsional:

Bahan Sirup Gula:

  • 200 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 2 helai daun pandan
  • ½ sdt garam

Bahan Pengganti Santan:

  • 250 ml santan kental Kemasan
  • ¼ sdt garam

Instructions

Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan cendol, aduk rata. Masak dengan api kecil, aduk terus hingga mengental dan siap dicetak. Tambahkan beberapa tetes pewarna supaya cantik kaya kamu.
  • Siapkan baskom isi air dingin secukupnya, lalu cetak adonan cendol, tampung ke dalam air es. Sisihkan.
  • Buat Sirup Gula: campurkan semua bahan sirup gula, aduk rata dan rebus hingga gula larut dan mengental. Saring.
  • Rebus santan, aduk2 hingga mendidih.
  • Sediakan gelas saji, tuang sirup gula, beri cendol secukupnya, lalu tuang santan. Tambahkan es batu dan potongan nangka.

Notes

Catatan:
Pilih tepung hunkwe yg bagus (Tjap Boenga), bisa beli di tbk atau spm. Hunkwe ini pati kacang hijau. Kalo pake tepung beras cendolnya terlalu lembut, kurang kokoh.
Cetak selagi panas, supaya bentuk cendolnya mulus, kalo udah dingin tetep bisa dicetak tapi bentuknya grindil2.
Kalo ga ada cetakan cendol, bisa pake piping bag/plastik segitiga, ga makk? Bisa aja, tapi mending beli cetakan cendol di tbk, ada yg model dorong atau saring. Murah banget harganya. Jangan pake piping bag, supaya ga nyampah plastik, ok mak 👍😙

Ini foto cendol yg udah dicampur gula + santan .. Oiya, jangan lupa es cendolnya ditambah potongan nangka yaa mak, biar makin mantull. Kasih es serut yang banyaaaakk.. Nyesss banget deh! .. .

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *