SHARE

Rebung merupakan sayuran yang berasal dari tunas bambu muda. Selain sebagai isian lumpia, rebung juga nikmat diolah menjadi sayur lodeh, kare, ataupun oseng-oseng.

Rebung mengandung beragam kandungan gizi, seperti serat,vitamin A, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, fosfor, kalium, dan zat besi.

Loading...

Rebung berkhasiat untuk menangkal penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner, diabetes, kanker usus besar, dan beberapa penyakit lainnya.

Namun, bau pesing pada rebung sering mengganggu kenikmatan masakan.
Berikut cara menghilangkan bau pesing rebung.

Rebus dan buang airnya.

Sebelum rebung diolah menjadi beragam masakan, rebus terlebih dahulu di dalam air mendidih selama 10-15 menit. Kemudian, buang air rebusan rebung tadi. Barulah rebung bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang lezat.

Rebus dengan air kelapa.

Tidak hanya bisa direbus dengan air biasa, rebung juga bisa direbus dengan air kelapa. Selain untuk menghilangkan bau pesing pada rebung, air kelapa juga akan menambahkan citarasa rebung. Sama seperti menggunakan air biasa, rebung cukup direbus selama 10-15 menit. Lalu, buang air kelapa bekas rebusan rebung. Rebung siap untuk diolah dengan beragam bumbu.

Rendam dengan air garam.

Buat larutan garam dan masukkan rebung yang sudah dipotong-potong. Kemudian, rebung direndam selama 20-30 menit. Tidak hanya bau pesing saja yang hilang, rebung juga akan lebih nikmat dan empuk.

Rebus dengan bumbu.

Sebelumnya rebung diris tipis terlebih dahulu, kemudian dicuci hingga bersih. Pencucian rebung sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali. Setelah itu, rebung direbus menggunakan air yang ditambah dengan daun jeruk dan jahe, hingga empuk. Air yang digunakan untuk merebus sebaiknya merendam seluruh rebung yang direbus.

Rebung yang sudah tidak berbau pesing bisa disimpan di dalam kulkas, jika Anda tidak mau mengolahnnya langsung. Penyimpanan di dalam kulkas bertujuan agar rebung tidak berbau asam.

Berdasarkan penelitian di Cina, menumis adalah cara memasak yang paling cocok untuk mengolah rebung. Karena, menumis dapat mempertahankan secara maksimal kandungan antioksidan di dalam rebung.

Loading...