SHARE

Ikan merupakan hewan air yang sering menjadi santapan masyarakat sehari hari, namun dalam mengolah ikan dengan benar tentunya akan menjadi masakan yang sangat lezat. Ikan yang masih segar atau yang baru dipanen atau ditangkap cenderung tidak berbau amis namun setelah beberapa lama lambat alun akan berbau amis.

Bau amis pada ikan memang sangat mengganggu apalagi bagi orang yang tidak suka dengan bau yang kurang sedap. Namun dibalik kelezatan masakan ikan ada hal yang mengganggu dan sangat tidak disukai oleh para penikamat kuliner ikan ini yaitu Bau amis. Bau amis pada ikan bisa dihilangkan dengan banyak cara dan tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Nah kali ini kami akan membagikan tips menghilangkan bau amis pada ikan. Yuk simak di bawah ini seperti apa caranya:

Loading...

#1 Menggunakan Susu

Caranya dengan rendam ikan menggunakan susu. Susu akan membantu menyerap bau amis pada ikan laut. Kasein zat dalam susu akan berikatan dengan trimetilamin oksida zat yang mengarah ke bau amis. Sehingga dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau ikan.

#2 Campuran tepung maizena, garam dan bubuk kunyit.

Ini merupakan trik lama dari india. Caranya cukup campur ketiga bahan tersebut, kemudian balur ke seluruh permukaan ikan dan diamkan minimal 30 menit. Setelah itu cuci ikan di abwak air megalir sebelum di masak. Tidak perlu khawatir karena kunyit adalah bahan yang efektif menghilangkan amis.

#3 Campuran cuka, baking powder dan perasan air lemon

Ketiganya mampu membantu menghilangkan sekitar 50% dari bau amis ikan. Cukup campur cuka atau baking powder atau air lemon dengan air segar sekitar 5 menit. Setelah itu keluarkan ikan bilas dan keringkan dengan handuk kertas sebelum ikan di masak.

#4 Menggunakan abu

Cara ini sering digunakan pada beberapa ikan seperti lele dan belut. Caranya cukup menggosokkan abu ke seluruh permukaan ikan sampai lendir ikan bersih. Karena lendir ikan lah yang akan menimbulkan bau yang tak sedap. Jika tak punya abu kayu cukup dengan menggunakan air panas mendidih yang di siram ke ikan dan ambil pisau untuk membersihkan ikan.

#5 Menggunakan Jahe

Selain menghilangkan bau amis, jahe juga bisa menambah rasa, menghilangkan racun dan menghilangkan alergi pada ikan. Cukup hancurkan jahe dan balur ke smeua permukaan ikan diamkan selama 10 menit sebelum di masak.

#6 Gunakan gula

Balurkan gula ke seluruh permukaan ikan, lalu diamkan selama 3- 5 menit lalu cuci ikan hingga bersih. Bau amis bisa hilang dengan mudah

#7 Minyak wijen

Balurkan minyak wijen ke seluruh permukaan ikan, lalu diamkan selama 3- 5 menit lalu cuci ikan hingga bersih. Bau amis bisa hilang dengan mudah

Sumber: Youtube

Loading...