SHARE

Sejak masa lalu, ubi selalu jadi makanan favorit karena kaya akan nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya oleh masyarakat, tapi juga sangat dicintai oleh ahli kesehatan. Tapi sayangnya, tidak banyak yang tahu nilai gizi dan cara memasak ubi yang baik, sehingga ubi sering diremehkan oleh banyak orang. Yuk kita lihat artikel dibawah ini!

Ubi adalah makanan yang baik untuk diet, mudah mengenyangkan, tapi berkalori sangat rendah!

Jika kita melakukan perbandingan antara 100 gram ubi, nasi, dan mie, Ubi memiliki kalori sebesar 99 kalori dan serat sebanyak 1,6 gram sementara mie memiliki kalori 284 kalori, serat 0,8 gram, dan nasi memiliki kadar kalori 346 kalori dan serat 0,7 gram. Dari data ini kita bisa tahu kalau ubi memiliki kalori terendah dengan kadar serat paling tinggi.

Ubi juga berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh!

Ubi memiliki serat yang jauh lebih tinggi dari beras dan dengan tekstur yang jauh lebih harus, ubi tidak akan menyakiti lambung, bahkan memperlancar kerja jantung, cepat menghilangkan rasa lapar, dan tentunya mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Nggak cuma itu, ubi juga bisa mencegah kanker lho!

Ubi memiliki kadar DHEA dan anti kanker yang cukup tinggi sehingga kanker dan penuaan dini bisa diatasi dengan mudah. Tidak hanya penuaan dini, penuaan yang terjadi secara natural juga sedikit banyak bisa diperlambat. Tentu saja serat yang kaya di dalam ubi sangat membantu dalam pembuangan racun-racun penyebab kanker yang ada pada saluran pencernaan.

Seperti makanan pada umumnya, kadar yang berlebihan tentu tidak akan berakibat baik. Ubi memiliki kadar gula yang sedikit tinggi sehingga kalau dimakan terlalu banyak, gula ini akan menjadi asam di dalam lambung dan menimbulkan gas yang cukup banyak. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung naik dan menyakiti kita. Tentu saja ubi yang sudah menghitam jangan dimakan juga karena sangat memungkinkan untuk makanan yang berkhasiat ini menjadi racun bagi tubuh kita.

Resep memasak ubi yang sehat dan lezat:

1. Ubi bakar sederhana buatan sendiri

Pertama-tama, cuci bersih sebatang ubi (kira-kira 250 gram), kemudian masukkan ubi yang sudah bersih ke dalam oven atau microwave, panaskan selama 15 menit (jika menggunakan microwave) atau sampai wangi harum tercium (jika menggunakan oven).

2. Bubur ubi dan jagung

Bahan: Jagung manis yang sudah disisir, ubi sebanyak 100 gram)

Cara memasak: Potong ubi menjadi potongan kecil, masukkan ke dalam panci yang berisi air dan panaskan. Setelah itu masukkan jagung dan aduk rata. Masukkan beras kemudian tutup panci selama beberapa saat sembari mengecilkan api. Masak selama 30 menit dan bubur siap dihidangkan!

Sumber: Bomb

Loading...