Ada yang bilang katanya Wajah Suami Istri Makin Lama akan terlihat Mirip, Sebenarnya itu karena apa sih?

Posted on

Sudah sangat sering kita dengar bahwa masyarakat beranggapan bahwa jodoh itu mirip. Apakah pernah memperhatikan wajah suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun? Ada pasutri yang makin lama kelihatan mirip, meskipun kulitnya yang satu gelap yang satu cerah, bentuk mukanya yang satu lonjong yang satu bulat… tapi kok akhirnya mukanya mirip ya? Penasaran alasan kenapa jadi mirip ? simak ulasan dibawah ini

Sahabat inilah 4 alasannya mengapa wajah suami istri makin lama makin mirip:

Loading...

Banyak menghabiskan waktu bersama

Dilansir dari newheathadvisor(dot)com, menurut sejumlah penelitian psikologis, semakin sering pasangan menghabiskan waktu bersama-sama, semakin mirip mereka satu sama lain. Hal ini karena kebiasaan mereka saling menyatu dan mempengaruhi satu sama lain.

Pada 2006, dalam sebuah studi Ilmuwan di Universitas Liverpool meminta sukarelawan untuk memandangi potret laki-laki dan perempuan lalu menilai kepribadian orang di foto tersebut. Para peserta tidak tahu sosok mana pasangan hidup di foto-foto itu, tapi pasangan yang paling lama hidup bersama paling banyak dinilai punya kepribadian serupa. Hal ini dinilai ada korelasinya dengan kemiripan wajah.

Jadi, kalau yang sudah nikah lama tapi wajahnya nggak mirip… barangkali karena tidak banyak menghabiskan waktu bersama?

Emosi bisa mengubah karakter wajah

Psikolog sosial, Robert Zajonc mencetuskan soal konsep social facilitation pada tahun 1965. Konsep itulah yang jadi jawaban kenapa banyak suami istri yang wajahnya bisa mirip satu sama lain.

Otot-otot tubuh bisa berkembang atau berubah sesuai dengan kegunaannya. Sebagai contoh, pasangan yang sering tertawa bersama akan memiliki pola kerutan yang sama di wajahnya. Kalau sama-sama suka mengobrol, maka struktur pipinya akan ikut berubah.

Meniru kebiasaan dan kesukaan pasangannya

Hal ini dibuktikan dengan foto pasangan suami istri yang sudah 25 tahun menikah dan mereka terlihat sangat mirip. Para psikologi dari Yale University juga mengungkapkan jika pasangan suami istri akan saling meniru kebiasaan pasangannya tanpa sengaja dan menyukai apa yang pasangannya sukai.

Dari awal memang tertarik dengan yang wajahnya mirip

Banyak yang tidak sadar, ketika mencari pasangan sebenarnya ia sedang mencari seseorang yang punya banyak persamaan dengan dirinya sendiri, termasuk selera berbusana dan juga tampilan. Ada juga perempuan yang mencari pasangan yang mirip dengan ayahnya, mau nggak mau… sedikit banyaknya juga mirip dengan dirinya sendiri dong ya?

Bagaimana Sahabat bacalagi, setuju dengan 4 alasan tadi? Atau masih ada alasan lainnya? Semoga bermanfaat.

Sumber: Ummi-online.com

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *