7 Resep Jajanan Pasar Lezat dan Enak

Posted on

Suka makan kue jajanan pasar? bingung cari ide untuk membuat kue jajanan pasar yang enak dan lezat? berikut resep kue lezzat ingin share 7 resep kue jajanan pasar paling enak berikut cara membuatnya yang pastinya gampang dan ga pakai ribet. langsung simak aja yuk

Klepon Labu Kuning

Jenny Novembria
Ga kayak klepon yang biasanya berwarna hijau kali ini kita mau share kreasi resep membuat klepon labu kuning
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bahan :

  • 450 grm labu kuning yg sdh kukus dihaluskan (berat bersih labu setelah dikukus&dikupas kulit)
  • 250 grm tepung ketan putih
  • 1/2 sdt garam
  • gula merah secukupnya buat isian disisir
  • Air jika diperlukan sy ga pakai air lg,krn labu kuning yg sy pake byk mengandung air
  • kelapa parut utk taburan kukus dgn sedikit garam & daun pandan

Instructions
 

Cara Membuat :

  • Campur tepung ketan & garam,aduk hingga rata,lalu uleni dgn labu kukus,tambahkan air jika memang diperlukan,(sy ga pakai air lg krn labu kuning yg sy pake banyak mengandung air)uleni adonan sampek bisa dipulung/dibentuk.
  • Ambil adonan,pipihkan,lalu isi dgn gula merah,bulatkan seperti kelereng.
  • Didihkan air dlm panci,rebus bola2 klepon hingga mengapung,angkat,tiriskan,gulingkan di kelapa parut,hidangkan.
Keyword Klepon

Donat Maizena

Dapurspatula
hasilnya ga kalah sama donat yang biasa di beli di luaran. anak anak pun lahap makan donat ini.
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Donat

Ingredients
  

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung protein tinggi
  • 11 gr ragi instan
  • 2 butir telur suhu ruang
  • 200 – 250 ml air
  • 75 gr unsalted butter
  • 1/4 sdt garam skip bila pake margarin
  • 5 sdm susu bubuk
  • 5 sdm maizena
  • 5 sdm gula pasir

Instructions
 

Cara:

  • Dalam mangkok besar campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, maizena dan ragi. Aduk rata.
  • Buat lubang di tengah, masukkan telur.Dan air bertahap (sesuaikan dengan kondisi adonasambil diuleni setengah kalis.
  • Masukkan butter dan garam, uleni kembali sampai kalis elastis. Tutup wadah dengan cling wrap/serbet lembab, diamkan selama 30 menit/sampai mengembang 2x lipat (tergantung suhu ditempat masing-masing, saya 15 menit).
  • Kempeskan adonan, cetak adonan sesuai selera, saya timbang @50gr diamkan kembali sekitar 15-20 menit. Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan.
Keyword Donat maizena

Singkong Karamel

wilyman_kitchen
Rasa manis yang berbalut pada singkong bikin pengen makan terus. Selain itu bikinnya juga gampang banget. Persiapannya pun gak ribet. Cobain yuk mak!
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Cemilan Segar
Cuisine Singkong

Ingredients
  

Bahan:

  • 800 gr singkong roti
  • Garam
  • 750 ml air utk merebus
  • 200 gr gula merah yg dimasak dan saring
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm maizena yg dilarutkan dengan sedikit air.
  • Pandan

Instructions
 

Caranya:

  • Potong2 ubi dan cuci bersih.
  • Rebus dalam air mendidih kira2 20 menit atau sampe empuk.masukkan gula merah,gula pasir,dan garam.masak sebentar sampai kuah meresap.
  • Beri larutan maizena dan aduk rata.
  • Udah, jadi deh..enak banget kalau dimakan sore2 bareng teh tong/tawar. Apalagi pas anget-anget 😁.
Keyword Singkong Caramel

Arem Arem Ayam

yunitaanwar
Nah ini dia menu jajanan pasar favorit banyak orang. arem arem isi ayam. ini pas banget buat menu sarapan apalagi di saat weekend.
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Sarapan
Cuisine Arem Arem
Servings 10 Buah

Ingredients
  

Bahan:

  • – 550gr beras cuci
  • – 700ml santan
  • – 300ml air
  • – 3 lembar daun salam
  • – 1/2 sdm garam
  • – Daun pisang
  • – Tusuk gigi

Bahan isian:

  • – 2 sdm minyak goreng
  • – 3 siung bawang putih cincang halus
  • – 6 buah bawang merah cincang halus
  • – 1 batang serai geprek bagian putihnya
  • – 2 lembar daun salam
  • – 400 gr daging ayam giling
  • – 1 buah wortel potong kotak2 kecil
  • – 200 ml santan
  • – 1/2 sdt garam
  • – 1/4 sdt merica
  • – 1 sdt gula pasir
  • – 1 sdm kecap manis
  • – 3 batang daun bawang iris tipis

Instructions
 

Cara membuat:

  • Masak santan dan air hingga mulai mendidih kemudian masukkan beras, garam dan daun salam. Terus diaduk hingga air terserap habis. Sisihkan.
  • Tumis bawang putih, bawang merah, serai dan daun salam dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan ayam dan wortel. Tambahkan santan, garam, merica, gula, kecap manis dan daun bawang. Aduk rata. Masak hingga ayam matang dan santan terserap.
  • Siapkan daun pisang kemudian letakkan beras. Kemudian letakkan isian di atas beras dan beri beras lagi diatas isian. Gulung arem-arem kemudian sematkan bagian ujung kiri dan kanan dengan tusuk gigi. Lakukan seterusnya hingga habis.
  • Kukus selama 1 jam. Arem-arem siap disajikan.
Keyword Ayam

Kue Clorot Gula Merah

fridajoincoffee
Yang jelas manis legit paduan antara tepung beras, gula merah dan santan, uenaaaakkk banget bikin Nostalgia
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Khas Daerah
Cuisine Kue Clorot
Servings 18

Ingredients
  

Bahan:

  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka/sagu tani/kanji
  • 400 ml santan kental
  • 175 gr gula merah
  • 2 helai daun pandan ikat simpul
  • ¼ sdt garam
  • daun pisang

Instructions
 

Cara Membuat:

  • Dalam panci campurkan santan, gula merah, daun pandan dan garam. Masak sambil diaduk2 hingga mendidih. Kemudian dinginkan dan saring.
  • Dalam baskom campurkan tepung beras dan tepung tapioka, kemudian tuang campuran santan dan gula merah. Aduk rata.
  • Buat wadah kerucut dengan daun pisang, caranya ambil 1 lembar daun pisang ukuran 25 x 10, lalu gulung kerucut mengikuti arah garis melintang daun (jangan membujur, nanti robek).
  • Berdirikan wadah kerucut dengan gelas stainless, isi dengan adonan. Atau bisa juga menggunakan ampas kelapa untuk memberdirikan wadah kerucut di kukusan.
  • Kukus kue selama 20 menit atau hingga matang.
  • Resep untuk 18 kue clorot gula merah.
Keyword Clorot Gula Merah

Kembang Goyang

manty_ravika
Renyah dan Gurihnya Kembang Goyang cocok untuk dijadikan Hidangan saat acara hajatan
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar, Khas Betawi

Ingredients
  

BAHAN :

  • 150 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu
  • 50 gr gula pasir bole tambah klo mau manis
  • 2 btr telur utuh kocok lepas
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilla bubuk
  • 200 ml santan
  • minyak untuk mengoreng

Instructions
 

CARA MEMBUAT :

  • – Aduk semua bahan sampai larut
  • – Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan
  • – Celup cetakan kedalam adonan (memasukkan cetakan jangan sampai tenggelam, cukup bagian bawahnya hingga setinggi cetakan, supaya saat adonan masuk kedalam minyak bisa terlepaMasukkan ke dalam minyak sambil digoyang-goyang sampai terlepas
  • – Goreng sampai matang dan kering dgn api kecil
  • – Dingin kan dan simpan dlm toples kedap udara
Keyword Kembang goyang, kue kembang goyang

Leave a Reply